Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Ada Efek Negatif jika Terlalu Sering Ganti Oli Mesin?

Kompas.com - 16/06/2023, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perawatan mobil yang harus dilakukan pemilik adalah melakukan penggantian oli mesin secara berkala.

Secara umum, waktu penggantian oli sudah ditentukan, yaitu setiap 10.000 Km atau 6 bulan sekali. Ada pun bengkel-bengkel tidak resmi biasanya menyarankan mengganti pelumas setiap 5.000 Km atau 3 bulan.

Saran tersebut diberikan tentu saja sudah mempertimbangkan beberapa faktor, terutama mencegah terjadinya penurunan kualitas oli sebelum waktunya.

Baca juga: Daftar Harga Oli Mesin Mobil per Juni 2023

Ilustrasi Ganti Oli Mesin Mobilist Ilustrasi Ganti Oli Mesin Mobil

Pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo mengatakan mengganti oli terlalu sering tentu tidak ada dampak buruk terhadap mesin.

“Semakin sering oli diganti maka semakin kecil peluang terjadinya penurunan kualitas oli yang dapat merusak komponen, sedangkan semakin lama oli tidak diganti akan semakin meningkatkan peluang kontaminan mengotorinya,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Kamis (15/6/2023).

Hardi mengatakan ada banyak kontaminan yang bisa menurunkan kualitas oli mesin. Seperti kualitas udara di lingkungan sekitar, BBM, kelembaban, suhu mesin dan masih banyak lagi.

Baca juga: Kenapa Kualitas Oli Mesin Bisa Menurun Sebelum Waktunya?

Ganti oli mesin Innova Community Ganti oli mesin

Jika pengguna mobil bisa menjaga menekan angka kontaminan yang masuk ke ruang oli, maka oli dipastikan lebih awet.

“Untuk memastikan kontaminan tidak mengotori oli lebih cepat, maka pengguna harus memastikan kualitas BBM baik, filter udara bekerja dengan optimal, dan seterusnya, jika tidak ya dengan melakukan penggantian oli,” ucap Hardi.

Jika mengganti oli mesin terlalu sering, menurut Hardi tidak ada dampak negatifnya untuk mesin. Hanya saja, ketika memutuskan menggantinya lebih sering maka Anda membutuhkan biaya perawatan lebih besar untuk membeli oli.

Baca juga: Waspada Oli Mesin Bisa Jadi Lumpur

Jadi, penggantian pelumas yang semakin sering akan mencegah terjadinya kerusakan komponen mesin akibat kualitasnya menurun seiring masa pakainya, namun sisi negaifnya membutuhkan biaya yang lebih besar untuk perawatan mobil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com