Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Tidak Takut Ditinggal Marc Marquez

Kompas.com - 16/06/2023, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melihat performanya yang tak kunjung membaik, Marc Marquez semakin santer dikabarkan akan pindah ke tim lain. Meski demikian, Honda Racing Corporation (HRC) mengaku tidak takut jika ditinggal pebalapnya.

Kontrak Marquez dengan Honda akan berakhir pada 2024. Belum diketahui apakah pebalap dengan nomor start 93 ini akan terus bertahan di Honda.

Baca juga: Dovizioso Yakin Ducati Bakal Menolak Marquez Bergabung

Sebab, Marquez sendiri pernah mengatakan, tujuan dirinya adalah meraih gelar juara dunia MotoGP. Untuk mencapai tujuannya tersebut, Marquez tidak peduli apakah dengan Honda atau pabrikan lainnya.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. @marcmarquez93 Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

Presiden HRC Koji Watanabe mengatakan, Honda masih merasa bahwa Marquez adalah bagian dari keluarga Honda. Tentu saja Honda juga menghormati opini dari pebalapnya.

"Kami tidak merasa takut, tapi kami akan menghargai keputusannya," ujar Watanabe, dikutip dari Crash.net, Kamis (15/6/2023).

Baca juga: Sering Jatuh, Marquez Sulit Lewati Rekor Juara Dunia Valentino Rossi

Watanabe menambahkan, dirinya berharap bisa mempertahankan Marquez hingga pebalap tersebut pensiun. Meski demikian, Honda juga tidak terburu-buru untuk menyodorkan perpanjangan kontrak dengan Marquez.

Aksi pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, ketika mengikuti Kualifikasi MotoGP Amerika 2022 yang dihelat di Circuit of The Americas (COTA) pada Minggu (10/4/2022) dini hari WIB. Terkini, Marc Marquez belum bisa kembali di COTA karena masih dalam pemulihan cedera yang membuatnya harus absen pada seri ketiga MotoGP 2023 di Amerika Serikat.AFP/ MIRCO LAZZARI GP Aksi pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, ketika mengikuti Kualifikasi MotoGP Amerika 2022 yang dihelat di Circuit of The Americas (COTA) pada Minggu (10/4/2022) dini hari WIB. Terkini, Marc Marquez belum bisa kembali di COTA karena masih dalam pemulihan cedera yang membuatnya harus absen pada seri ketiga MotoGP 2023 di Amerika Serikat.

Watanabe mengonfirmasi bahwa Marquez belum mau menandatangani kontrak sebelum 2024. Untuk itu, dia tetap membangun komunikasi yang baik dengan pebalap asal Spanyol tersebut.

"Kami selalu berbincang-bincang. Komunikasi yang baik penting di dalam keluarga Honda," kata Watanabe.

Watanabe sendiri memiliki peran penting di dalam pengembangan mesin Honda yang digunakan oleh tim Formula 1 (F1) Red Bull. Dengan mesin tersebut, Max Verstappen berhasil menjadi juara dunia F1 tiga kali berturut-turut. Maka itu, Marquez percaya dengan Watanabe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com