Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Shadow Phantom Meluncur, Cruiser dengan Mesin V-twin 745cc

Kompas.com - 13/06/2023, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda baru saja merilis versi paling baru dari Shadow Phantom belum lama ini. Motor cruiser tersebut menjadi salah satu produk yang ditawarkan di pasar Amerika, memenuhi permintaan di sana.

Secara model, Shadow Phantom 2024 mendapatkan berbagai macam ubahan, baik sisi model sampai ke fitur. Paling krusial, bisa dilihat pada sistem pengeremannya yang kini sudah cakram ganda, mengganti tromol di belakang.

Dikutip dari Bikes Republic, ubahan signifikan lain adalah opsi ABS untuk kedua roda, meningkatkan keamanan.

Baca juga: Marc Marquez Yakin Honda Bisa Kompetitif dan Kembali ke Puncak MotoGP

Honda Shadow Phantom 2024BIKEREPUBLIC.com Honda Shadow Phantom 2024

Kalau dari sisi estetika, Shadow Phantom dapat sedikit ubahan gaya. Misal warna yang lebih menarik, suspensi depan model baru, dan lampu sein LED di depan dan belakang.

Bagian fender pun turut berubah di depan dan belakang, terutama yang belakang jadi lebih pendek. Walau begitu, Honda tetap menawarkan opsi bangku belakang untuk penumpang.

Selain itu, bangku pengendara disebut lebih nyaman, punya ketinggian jok sekitar 650mm. Posisi berkendara yang rendah tadi memang jadi ciri motor cruiser atau jelajah.

Baca juga: Bagnaia Selebrasi Juara di Mugello Layaknya Era Valentino Rossi

Pada model baru ini, Shadow Phantom juga mengalami penghematan bobot. Model non-ABS sekitar 246 Kg, sedangkan yang pakai ABS bobotnya 250 Kg.

Ubahan lain yang merujuk ke kenyamanan berkendara, handle bar baru, posisinya lebih tinggi dan ke depan. Lalu, kapasitas tangki yang 14 liter tetap dipertahankan, cuma instrumen yang ada di atasnya mendapatkan pembaruan.

Pada sektor mesin, tetap memakai model V-twin, 745cc berpendingin cairan. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang pakai kopel dan menggunakan transmisi lima percepatan.

Honda Shadow Phantom ditawarkan dengan dua warna, Deep Pearl Gray Metallic dan Orange Metallic. Untuk harganya, mulai 8.399 dollar AS atau setara Rp 124 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com