Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Jadi Motor Paling Kencang di MotoGP, Top Speed Tembus 366,1 Kpj

Kompas.com - 14/06/2023, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada MotoGP Italia 2023 di Sirkuit Mugello, KTM berhasil memecahkan rekor melalui salah satu pebalapnya, yakni Brad Binder. Motor MotoGP RC16 berhasil meraih top speed 366,1 kilometer per jam.

Sirkuit Mugello memang terkenal dengan trek lurusnya yang panjang. Sehingga, sering kali rekor top speed dicetak di sirkuit yang memiliki trek lurus hingga 1.141 meter ini.

Baca juga: KTM Sebut Dani Pedrosa Punya Peran Penting dalam Pengembangan Motor

Top speed tersebut dicatatkan oleh Binder bukan pada saat kualifikasi, di mana para pebalap memiliki strategi khusus untuk mencetak waktu tercepat. Top speed diraih justru pada saat sprint race.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KTM Factory Racing (@ktmfactoryracing)

"Sejujurnya, saya bahkan belum menyentuh limiter. Jadi, jelas masih ada beberapa kilosecond di sana untuk kami," ujar Binder, dikutip dari Crash.net, Rabu (14/6/2023).

Peningkatan yang dilakukan oleh KTM sangat signifikan. Sebab, tahun lalu di sirkuit yang sama, top speed RC16 hanya mencapai 354 kilometer per jam.

Baca juga: Bagnaia Waspadai KTM, Binder Bisa Jadi Juara Dunia

Bahkan, sebelum rekor tersebut dicetak, rekor top speed sebelumnya masih dipegang oleh Ducati melalui Enea Bastianini dengan 363,6 kilometer per jam. Musim ini, Enea hanya mencapai top speed 364,8 kilometer per jam.

Brad Binder saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. @bradbinder Brad Binder saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

Binder mengatakan, dia tidak merasa lebih cepat beberapa detik saat posisi badannya merunduk. Dia justru merasa lebih cepat ketika akan mengerem dengan posisi duduk tegak.

"Di situ ketika Anda merasakan perbedaannya dan Anda menyadarinya, 'Saya masuk terlalu cepat di sana'. Tapi, itu luar biasa," kata Binder.

"Saat sprint race, saya mendapatkan slipstream yang bagus dan motor saya seperti tertarik. KTM sudah melakukan pekerjaan yang luar biasa dan cukup keren mendapatkan rekor itu lagi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com