Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Air Aki Bisa Dipakai Menambah Cairan Radiator?

Kompas.com - 14/06/2023, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Beredar kabar di media sosial bahwa air aki bisa digunakan untuk menambah air radiator. Padahal, dari namanya saja sudah berbeda.

Banyak netizen yang berkomentar bahwa informasi tersebut tidak benar karena air aki bersifat asam sehingga tidak baik untuk radiator.

Bahkan ada juga yang mengatakan radiator bisa rontok bila menggunakan air aki karena sifat cairan tersebut keras.

Baca juga: Ketahui Interval Ganti Air Radiator Mobil Secara Rutin

Isi air aki mobilKompas.com Isi air aki mobil

Pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo mengatakan kabar tersebut perlu diluruskan karena bisa menimbulkan kesalahpahaman.

“Perlu dipahami bahwa air aki yang beredar di pasaran ada dua jenis, yakni kemasan biru dan merah, keduanya memang terbuat dari bahan yang berbeda,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (13/6/2023)

Hardi mengatakan khusus air aki dengan kemasan biru bisa digunakan untuk menambah air radiator karena bahannya terbuat dari air murni.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Air AC Bagus untuk Menambah Air Aki?

Thermostat radiator Suzuki Katana Dicky Aditya Wijaya Thermostat radiator Suzuki Katana

Sementara air aki dengan kemasan merah tidak boleh digunakan untuk menambah air radiator karena bahannya terbuat dari asam sulfat pekat.

“Semua orang tahu kalau air aki bersifat keras, besi saja bisa lumat ketika tersiram air aki, apalagi dimasukkan ke dalam radiator maka akan membahayakan komponen sistem pendingin mesin,” ucap Hardi.

Tapi, di pasaran juga beredar air aki dengan kemasan biru. Menurut Hardi, air aki jenis tersebut bisa digunakan untuk menambah air radiator.

Baca juga: Tambah Air Aki, Baiknya Pakai Botol Merah atau Biru?

Air aki kemasan biru itu air murni, atau biasa disebut air demineral sehingga sangat baik untuk air radiator karena tidak mengandung mineral alam,” ucap Hardi.

Dengan demikian, penggunaan air aki dapat mengurangi risiko korosi pada radiator dan saluran lainnya. Komponen sistem pendingin akan menjadi lebih awet karena sifatnya mendukung fungsi coolant.

Jadi, kabar air aki bisa digunakan untuk menambah air radiator tentu saja perlu dipastikan lagi jenisnya. Pasalnya, ada dua jenis air aki yang beredar di pasaran dan sifatnya berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com