Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mulai Ekspor Yaris Cross dari Karawang, Sasar 25 Negara

Kompas.com - 13/06/2023, 11:39 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Toyota Yaris Cross resmi menjadi mobil hybrid kedua dari PT Toyota Motor Manufacuring Indonesia (TMIMIN) yang dijual ke pasar ekspor.

Bakal dikapalkan ke-25 negara, seremoni produksi dan ekspor kendaraan bergaya crossover ini dilakukan di fasilitas pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat, Selasa (13/6/2023).

"Setelah kita produksi secara lokal dan ekspor mobil legendaris Indonesia, Kijang Innova Zenix, hari ini dengan bangga kami rayakan produksi dan ekspor pertama All New Yaris Cross termasuk versi hybrid ke berbagai negara," kata CEO of Asia Region and President Toyota Motor Asia Pacific Hao Quoc Tien di Karawang, Jawa Barat, Selasa.

Baca juga: Referensi Modifikasi Yaris Cross, Tampil Lebih Gagah

Toyota Yaris Cross resmi diekspor oleh Toyota IndonesiaKompas.com/Ruly Kurniawan Toyota Yaris Cross resmi diekspor oleh Toyota Indonesia

Melalui langkah strategis ini, ia percaya bahwa bakal semakin banyak masyarakat yang berkontribusi untuk mengurangi emisi melalui penggunaan kendaraan listrik.

Sebab, Yaris Cross merupakan kendaraan yang berada di segmen SUV kelas B. Di mana, pasar tersebut sangat besar baik di wilayah Indonesia maupun beberapa negara tujuan ekspor Toyota lainnya.

"Emisi Yaris Cross tercatat, 79 gram per kilometer. Mobil ini akan kita ekspor ke 25 negara di Asia dan Amerika Tengah-Selatan," ucap dia.

Baca juga: Adu Dimensi Yaris Cross, HR-V, Creta, Grand Vitara, dan Omoda 5

Toyota Yaris Cross Hybrid resmi dieksporKompas.com/Ruly Kurniawan Toyota Yaris Cross Hybrid resmi diekspor

Atas terobosan ini, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita pun memberi apresiasinya.

Sebab, Toyota Indonesia terus melakukan langkah-langkah strategis yang agresif, khususnya dalam mendorong percepatan elektrifikasi.

"Pemerintah mengapresiasi Toyota yang sudah lebih 50 tahun berkiprah, tumbuh dan berkembang di Indonesia," kata dia.

Baca juga: Minat Toyota Yaris Cross, Cek Program Tukar Tambahnya

"Kami mengharapkan produk elektrifikasi ke-2 dari TMMIN ini seperti Kijang Innova Zenix kemarin yang laris di pasar domestik maupun ekspor," tambah Agus.

Diketahui, Yaris Cross hadir dengan dua pilihan mesin, yakni bensin 1.5 L dan hybrid 1.5 L.

Pada varian bensinnya, mobil dibekali oleh mesin 2NR-VE, yang mampu menghasilkan tenaga 78 kW dan 138 Nm.

Sementara opsi hybrid, dibekali mesin 2NR-VEX yang motor elektrik dengan baterai lithium-ion. Motor listrik tersebut mampu menghasilkan tenaga 59 kW dan 141 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com