Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah Kelistrikan, Mobil Listrik BMW i4 dan iX Kena Recall Lagi

Kompas.com - 22/05/2023, 14:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW sudah memiliki mobil listrik dengan beragam model. Untuk sedan ada i4, sedangkan SUV ada iX. Belum lama ini, dikabarkan kedua model tersebut terkena recall.

Dikutip dari Carscoops.com, Senin (22/5/2023), BMW mengungkapkan bahwa model yang terkena dampak memiliki sambungan listrik di dalam Cell Monitoring Circuit (CSC) baterai bertegangan tinggi yang mungkin tidak dirakit sesuai spesifikasi.

Baca juga: Dorna Sports Sediakan BMW XM Label Red buat Pebalap MotoGP Tercepat

Pemberitahuan recall menambahkan bahwa konektor di setiap ujung sambungan mungkin tidak diamankan dengan benar. Sehingga, berpotensi mengakibatkan gangguan daya listrik hingga mogok.

BMW i4Kompas.com/Donny BMW i4

Disebutkan ada 13 contoh BMW iX xDrive50 2022-2024 yang diproduksi antara 13 Juni 2022 dan 23 Maret 2023. Selain itu, 18 contoh BMW i4 eDrive35, i4 eDrive40, dan i4 M50 juga terkena recall, semuanya yang diproduksi antara 5 Agustus 2022 dan 28 Maret 2023.

Dalam pemberitahuan penarikan yang dikeluarkan oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional di Amerika Serikat, BMW mengatakan pertama kali menemukan masalah tersebut pada pemeriksaan kualitas kendaraan selama tes end-of-line di pabrik perakitan.

Baca juga: Peserta KTT ASEAN Mulai Datang, Kepala Negara Tetangga Pakai BMW iX

BMW segera menyelidiki masalah tersebut dan menemukan bahwa sambungan listrik dengan CSC mungkin tidak dipasang sesuai spesifikasi. Hingga kini, belum diketahui apakah sudah terjadi kecelakaan akibat kesalahan produksi tersebut.

BMW iXKompas.com/Donny BMW iX

Pemilik model yang terkena dampak akan diberi tahu mulai 16 Juni 2023. Mereka akan diminta untuk menjadwalkan janji temu dengan dealer resmi BMW untuk mengganti baterai tegangan tinggi CSC secara gratis.

Recall ini bukan yang pertama kalinya berdampak pada mobil listrik BMW di tahun ini. Pada Januari, BMW melakukan recall pada lebih dari 14.000 unit i4, i7, dan iX, karena masalah dengan perangkat lunak baterai bertegangan tinggi ECU yang dapat mengganggu daya listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com