Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Volume Lalu Lintas Menuju Puncak Naik 13 Persen

Kompas.com - 04/06/2023, 09:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Jasamarga Metropolitan Tollroad mecatat peningkatan volume lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Jabotabek dan Jawa Barat pada 1-2 Juni 2023 atau ketika momen libur panjang Hari Lahir Pancasila dan Waisak 2023.

Melalui keterangan tertulisnya, tercatat bahwa pada Gerbang Tol Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi, volume lalu lintas transaksi menuju Puncak meningkat 13,23 persen.

Jika selama hari biasa ada 71.224 unit kendaraan yang melintas, dalam periode libur ini bertambah menjadi 80.645 unit kendaraan.

Baca juga: Perbedaan Strategi Balap Formula E dengan Formula Lainnya

Suasana di balik kemacetan panjang kendaraan di jalur wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, pada momen libur lebaran atau Minggu (30/4/2023).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Suasana di balik kemacetan panjang kendaraan di jalur wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, pada momen libur lebaran atau Minggu (30/4/2023).

"Di Gerbang Tol Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang juga meningkat 40,07 persen dari 63.839 kendaraan pada lalu lintas normal menjadi 89.420 kendaraan," kata Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Panji Satriya, Sabtu (3/6/2023).

Sementara itu, volume lalu lintas transaksi di Gerbang Tol Pasteur atau menuju Bandung tercatat 793.918 lebih rendah 0,19 persen dari lalu lintas dari normal sebanyak 74.058 kendaraan.

Sedangkan volume lalu lintas transaksi yang meninggalkan Kota Bandung melalui Gerbang Tol Pasteur tercatat 61.218 kendaraan atau meningkat 2,48 persen dibanding lalu lintas normal sebanyak 59.738 kendaraan.

Lebih lanjut, Panji menambahkan, ada 58.194 kendaraan yang keluar dari Jakarta menuju Rancaekek, Garut, Sumedang dan sekitarnya melalui Gerbang Tol Cileunyi.

Baca juga: Tips Nyaman Nonton Ajang Balap Formula E Jakarta 2023

Kemacetan di jalur Puncak Pass Cianjur imbas pemberlakuan one way sejurus peningkatan jumlah pengunjung ke kawasan Puncak, Minggu (30/4/2023)KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Kemacetan di jalur Puncak Pass Cianjur imbas pemberlakuan one way sejurus peningkatan jumlah pengunjung ke kawasan Puncak, Minggu (30/4/2023)

"Volume lalu lintas transaksi di GT Cileunyi meningkat 4,71 persem dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 55.576 kendaraan," kata dia.

Adapun volume lalu lintas transaksi dari arah sebaliknya atau yang menuju arah Bandung atau Jakarta melalui Gerbang Tol Cileunyi, tercatat 57.736 kendaraan. Realisasi tersebut meningkat 2,69 persen dibanding lalu lintas normal sebanyak 56.225 kendaraan.

Karenanya, ia mengimbau untuk pengendara yang hendak melintas di ruas yang cukup padat kendaraan seperti arah Jalur Puncak, atur kembali manajemen waktu keberangkatannya.

Baca juga: Cerita Fans Berat Formula E, Rela Keluar Rp 53 Juta Demi Sang Idola

Mengingat saat ini kepolisian setempat juga tengah memberlakukan rekaysa lalu lintas one way dan ganjl genap pada jam tertentu.

"Kami juga imbau pengguna jalan tol hanya menggunakan satu e-toll yang sama ketika tapping di gerbang tol masuk dan tapping di gerbang tol keluar di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta Jalan Tol JORR II," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com