Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Cerita Marshal Formula E, Merasa Tertipu dengan Cuaca Panas Jakarta | Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo, dan BP Turun, Siap Paling Murah?

Kompas.com - 04/06/2023, 07:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cerita unik yang terjadi di gelaran Formula E Jakarta 2023. Salah satunya soal kebingungan para marshal menyikapi cuaca panas.

Untuk diketahui, marshal Formula E didominasi oleh warga negara asing dari Eropa dan Australia yang telah menerima sertifikasi FIA. Sebagian besar marshal mengaku kaget dengan tingginya hawa panas di Jakarta.

Kondisi itu wajar, mengingat negara-negara asalnya biasanya memiliki iklim sejuk atau dingin. Brad Mound, salah seorang marshal asal Skotlandia yang bertugas mengurus logistik, mengaku cukup 'tersiksa' dengan cuaca panas di Jakarta International E-prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 3 Juni 2023 :

1. Cerita Marshal Formula E, Merasa Tertipu dengan Cuaca Panas Jakarta

Ini adalah kali pertamanya mendatangi Jakarta. Dia tidak datang di tahun sebelumnya karena ada kendala kesehatan yang membuatnya tidak bisa berangkat.

Brad mendeskripsikan suhu panas Jakarta cukup unik, karena tidak hanya menjalar di permukaan kulit, tapi juga menjalar hingga ubun-ubun.

Baca juga: Cerita Marshal Formula E, Merasa Tertipu dengan Cuaca Panas Jakarta

2. Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo, dan BP Turun, Siap Paling Murah?

Pertamina menurunkan harga Pertamax menjadi Rp 13.900 per liter dari sebelumnya Rp 14.500 per liter pada 1 Oktober 2022. Dok. Pertamina Pertamina menurunkan harga Pertamax menjadi Rp 13.900 per liter dari sebelumnya Rp 14.500 per liter pada 1 Oktober 2022.

Harga bahan bakar minyak (BBM) mengalami penyesuaian. Memasuki Juni 2023, semua banderol BBM yang dipasarkan Shell, Pertamina, Vivo, dan BP turun dibanding bulan lalu.

Pertamina menyesuaikan semua harga BBM non-subsidi yang berlaku 1 Juni 2023. Artinya, dari Pertamax RON 92, Pertamax Turbo RON 98, Dexlite, dan Pertamina DEX turun.

Baca juga: Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo, dan BP Turun, Siap Paling Murah?

3. Nissan Bawa Mobil Hybrid di GIIAS, Antara X-Trail atau Serena e-Power

Nissan X-Trail 2023doc carscoops Nissan X-Trail 2023

Nissan Motor Distributor Indonesia punya dua lini produk elektrifikasi di Indonesia, yakni Leaf dan Kicks e-Power. Tapi dalam waktu dekat, akan dipamerkan juga model elektrifikasi terbaru Nissan di Indonesia.

Tan Kim Piauw, CEO Nissan Motor Distributor Indonesia menjelaskan, kalau dalam pameran terdekat, Nissan akan membawa mobil hybrid terbaru. Model yang diambil bisa dibilang mengikuti perkembangan teknologi di Jepang.

Baca juga: Nissan Bawa Mobil Hybrid di GIIAS, Antara X-Trail atau Serena e-Power

4. Daihatsu Ayla 1.200 cc Lebih Irit daripada 1.000 cc, Bagaimana Bisa?

Test drive Daihatsu Ayla di YogyakartaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Test drive Daihatsu Ayla di Yogyakarta

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa mobil dengan kapasitas dapur pacu lebih besar membutuhkan BBM yang lebih banyak. Bahkan, pemahaman masyarakat awam menganggap mesin yang kapasitasnya besar pasti lebih boros.

Anggapan tersebut tak melulu benar karena teknologi yang terus berkembang. Mobil modern mampu memanfaatkan kapasitas mesin yang besar untuk dikonversi menjadi tenaga lebih efisien.

Baca juga: Daihatsu Ayla 1.200 cc Lebih Irit daripada 1.000 cc, Bagaimana Bisa?

5. Simak Jadwal Lengkap dan Link Live Streaming Formula E Jakarta 2023

Pebalap Formula E mengikuti sesi latihan bebas 2 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). Sebanyak 22 pebalap dari 11 tim akan mengikuti balapan Formula E.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pebalap Formula E mengikuti sesi latihan bebas 2 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). Sebanyak 22 pebalap dari 11 tim akan mengikuti balapan Formula E.

Ajang balap mobil listrik Formula E 2023 resmi digelar mulai hari ini (3/6/2023), tepatnya di Jakarta International E-Prix Circuit (JEC).

Berbeda dari Jakarta E-Prix 2022, di mana balapan hanya digelar satu hari saja, yakni pada hari Sabtu. Kini dalam kalender Formula E 2023, Jakarta akan menggelar dua kali balapan, yaitu pada 3 Juni dan 4 Juni 2023.

Baca juga: Simak Jadwal Lengkap dan Link Live Streaming Formula E Jakarta 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com