Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Pembeli Mobil Listrik Murah di Bawah Rp 100 Juta?

Kompas.com - 21/05/2023, 10:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kurnia EVCBU International (Kurnia Motors) hadir di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023, dengan membawa dua mobil listrik murah baru yaitu EVCBU K-Kooper dan KX-Upgrade.

Tahun lalu di ajang sama, Kurnia Motors juga menggebrak dengan menghadirkan K-Upgrade alias K-EVCBU yang dibanderol Rp 75 on the road (OTR) Jakarta. Saat itu kehadirannya banyak menyita perhatian sebab lebih murah dari Honda CRF250L.

Baca juga: Modifikasi Sederhana Wuling Air ev, Imut tapi Sporty

Rivaldi Andiannsyah, Manager Legal Kurnia Motors, mengatakan, saat ini pemesanan K-Upgrade sudah ditutup. Tahun lalu jumlah pemesanannya mencapai ratusan unit, dan pembeli akan mendapatkan barangnya tak lama lagi.

Mobil listrik K-Upgrade didatangkan oleh PT Kurnia EVCBU International dan dibanderol mulai Rp 75 jutaDOK. KURNIA EVCBU INTERNATIONAL Mobil listrik K-Upgrade didatangkan oleh PT Kurnia EVCBU International dan dibanderol mulai Rp 75 juta

"(Total) 154 unit, tahun ini kita turunkan (kirim), kirim berbarengan dengan unit sekarang, karena tagline kita adalah siap ready stock tinggal kirim," kata Rivaldi yang ditemui di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, belum lama ini.

Rivaldi mengatakan, profil mobil listrk murah tersebut mayoritas datang dari kota besar tepatnya daerah Jabodetabek. Ada juga kota lain tapi jumlahnya tidak signifikan.

"Pembelinya dari Jabodetabek dan kebanyakan di luar kota seprti Jawa Tengah dan Jawa Timur, Sulawesi dan Sumatera juga ada, tapi paling banyak di Jabodetabek," ujar Rivaldi.

"Kalangan (konsumennya) variatif ada yang menengah ke atas dan ke bawah," ujar dia.

Mobil listrik K-Kooper Kompas.com/Nanda Mobil listrik K-Kooper

"Karena kita ini harganya terjangkau untuk masyarakat Inodensia, tahun lalu Rp 75 juta, dan sekarang ada K-Kooper Rp 85 juta. Saat ini kami masih terjangkau untuk menengah ke bawah," ujar dia.

Di sisi lain Rivaldi mengatakan, buat yang tertarik meminang K-Kooper dan KX-Upgrade pihaknya sudah membuka pemesanan di PEVS 2023. Namun saat ini metode pembayarannya masih mengandalkan tunai dan belum ada kredit.

"Kredit belum buka, kita cash dengan dua sistem pembayaran, pertama booking fee, kalau tipe standar (K-Kooper) Rp 30 juta dan tipe high Rp 35 juta, untuk full payment itu sekali bayar di muka, kalau booking fee 14 hari kerja unit belum sampai harus melakukan pembayaran sampai lunas," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com