Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Quartararo Mau Pakai Setelan Motor Balap Musim 2021

Kompas.com - 16/05/2023, 19:42 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo belum bisa menunjukkan performa terbaiknya pada MotoGP 2023. El Diablo memutuskan untuk mengembalikan motor Yamaha YZR-M1 tunggangannya ke setelan musim 2021.

Seperti diketahui, Quartararo belum lama ini gagal lolos ke Kualifikasi 2. Ia pun melepas sasis, knalpot, dan bagian aero dari tes Jerez. Menurutnya, setelan 2021 dipasang Yamaha dari balapan Sprint Perancis dan seterusnya.

“Saya merasa sedikit lebih baik, tetapi masih belum merasa hebat. Tapi jauh lebih baik dari semua yang telah kami coba,” ujar Quartararo, dilansir dari Crash (16/5/2023).

Baca juga: Inden Mengular, Toyota Genjot Produksi Zenix Hybrid

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Fabio Quartararo (@fabioquartararo20)

Pada MotoGP Perancis yang lalu, Quartararo tersingkir dari urutan kedelapan di Sprint Race, sebelum finis di posisi ketujuh pada akhir balap.

“Bahwa sejak awal tahun kami telah mencoba ribuan hal, dari pengaturan pada motor. Dan sekarang kami memutuskan untuk menggunakan pengaturan 2021 dan saya perlu beradaptasi dengan masalah apapun dan kita lihat saja nanti,” ucap Quartararo.

“Tapi kami sudah mencoba banyak hal pada motor dan yang terbaik yang kami miliki adalah selalu membawa basis dua tahun lalu. Jadi kami memutuskan untuk mempertahankan [motornya] seperti itu dan hanya itu,” kata dia.

Baca juga: Soal Jualan Mobil Listrik, Hyundai Anggap Merek China Lebih Bahaya Dibanding Jepang

Untuk diketahui, Quartararo saat ini hanya meraih satu podium musim 2023 dan terpaut 45 poin dari pemuncak klasemen Francesco Bagnaia.

Quartararo telah mengidentifikasi kecepatan kualifikasi dan kesulitan menyalip sebagai masalah utamanya.

Dia menjelaskan bahwa mesin 2023 yang ditingkatkan mungkin membuat motor lebih agresif, dan sulit untuk berbelok.

Baca juga: Ada Brio Facelift, Honda Optimistis Tren Penjualan Kembali Bergairah

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat tampil dalam rangkaian MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Jumat (31/3/2023).AFP/JUAN MABROMATA Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat tampil dalam rangkaian MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Jumat (31/3/2023).

Tetapi masih belum memiliki tenaga yang cukup untuk mencapai downforce yang tinggi dari mesin saingannya.

"Sepertinya kami mendapat lebih banyak tenaga tetapi kami kehilangan lebih banyak saat berkendara. Saya tidak pernah memiliki motor seagresif ini, dan tidak ada belokan,” kata Quartararo.

“Kami mencoba knalpot, yang tidak berfungsi. Sasis tidak berfungsi. Aero tidak bekerja. Elektronik tidak berfungsi. Mungkin satu pengaturan yang kami coba dengan Öhlins sedikit lebih baik. Tapi dari tes [Jerez], hal-hal baru yang kami coba sia-sia,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com