Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Brio Facelift, Honda Optimistis Tren Penjualan Kembali Bergairah

Kompas.com - 16/05/2023, 08:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar otomotif nasional mengalami penurunan yang signifikan pada April 2023. Faktornya dikarenakan hari kerja yang sedikit imbas libur Lebaran.

Penurunan penjualan juga dirasakan PT Honda Prospect Motor (HPM) yang hanya mengantongi 8.246 unit sepanjang April 2023.

Namun, memasuki kuartal kedua, HPM optimistis tren penjualan mobil kembali bergairah. Apalagi didukung hadirnya model penyegaran dari Brio yang meluncur beberapa waktu lalu.

Baca juga: Klaim Daihatsu Soal Mesin 3 Silinder All New Ayla

Brio diklaim masih memberikan kontribusi yang tinggi bagi penjualan Honda, yakni sebanyak 3.456 unit atau mencapai 42 persen. Selain itu, model-model SUV yang dipasarkan juga ikut memberikan sumbangsih hingga 53 persen.

Honda WR-V tipe EKompas.com/Donny Honda WR-V tipe E

HR-V menjadi kontributor tertinggi di segmen SUV Honda pada April lalu dengan pencapaian 1.939 unit. Posisi kedua ada WR-V dengan 1.161 unit, BR-V 1.047 unit, dan CR-V 267 unit.

Yusak Billy, Sales Marketing & Business Innovation and Customer After Sales Operation Director PT HPM, mengatakan, pada April lalu penjualan Brio terdiri dari model lama yang saat ini stoknya sudah sedikit karena pengiriman model baru telah dimulai.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Yaris Cross dan Yaris Cross Hybrid

"Sampai saat ini, permintaan konsumen untuk produk-produk Honda masih tetap tinggi, sehingga kami optimistis bahwa didukung penyegaran model Honda Brio dan model-model SUV, trend penjualan Honda di tahun ini akan terus positif," ujar Billy dalam keterangan resminya, Senin (15/5/2023).

Pameran Honda IIMS 2023Dok Honda Pameran Honda IIMS 2023

Selain segmen SUV, model Honda lainnya juga masih memberikan kontribusi positif. Mobilio terjual 164 unit, City Hatchback RS 141 unit, Honda Civic RS 30 unit, Accord 22 unit, City 18 unit, dan Civic Type R terbaru menyumbang 1 unit pada April 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com