Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siapkan Varian GR pada Yaris Cross

Kompas.com - 16/05/2023, 17:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan bakal menghadirkan varian GR pada produk sport utility vehicle (SUV) ringkas terbarunya, Yaris Cross, yang dirilis pada Senin (15/5/2023) kemarin.

Namun perlu dicatat, varian GR dimaksud itu bukan berarti kendaraan tersebut mendapatkan suatu penyesuaian alias tuning di beberapa sektor. Tapi, hanya diberikan kosmetik saja supaya lebih sporty.

"Varian GR ada di tipe ini. Sementara produksinya sedang dalam persiapan. Jadi belum dimulai dan tunggu kabar berikutnya," kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy, Senin.

Baca juga: Toyota Tegaskan Yaris Cross Bukan Pengganti Rush di Indonesia

All New Toyota Yaris Cross HybridTAM All New Toyota Yaris Cross Hybrid

"Harus dipahami, GR itu tandanya tampilannya saja yang diberikan sentuhan supaya sporty. Sementara kalau ada kata Sport-nya, GR Sport, tandanya ada tuning khusus untuk meningkatkan rasa berkendara seperti di suspensi sampai setir kemudi," lanjut dia.

Soal harga, tentu saja bagi Yaris Cross varian GR akan sedikit lebih mahal dari model lainnya. Tapi menurut prediksi perseroan, bakal berada di kisaran Rp 300 juta sampai Rp 400 jutaan.

"Pemesanan akan bisa dimulai secara resmi pada saat sudah diproduksi dan ketika harganya sudah resmi diumumkan. Tetapi tidak perlu khawatir karena ini sudah world premiere jadi customer sudah bisa bertanya lebih lanjut ke diler," kata Anton lagi.

Diketahui, Yaris Cross membawa konsep “Solid & Dynamic”, dengan tampilan outstanding berkarakter khas SUV Toyota modern dan dimensi cukup kompak. Yaitu, panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.620 mm.

Baca juga: Alasan Toyota Yaris Cross Hybrid Pakai Baterai Lithium Ion

Toyota Yaris CrossKompas.com/Nanda Toyota Yaris Cross

Tampilan eksterior Yaris Cross menyajikan voluminous body yang berisi dan gagah, dengan garis-garis karakter khas mengekspresikan penampilan solid dan tangguh.

Fascianya menampilkan siluet tajam bersama dengan grille trapezoidal atas dan bawah dengan ukuran berbeda, dipadukan dengan lampu LED DRL, yang menunjukan kesan gagah khas mobil SUV.

Pada bagian samping dipadukan dengan spatbor melebar mengekspresikan siluet yang tampak kokoh dan stabil. Selain itu, roda berdiameter besar yang diletakkan di sudut fender memberikan Yaris Cross perawakan kekar.

Di bagian buritan desain lampu kombinasi belakang LED memberikan visual yang menekankan kesan lebar, sedangkan bumper belakang bergaya SUV modern mengekspresikan rasa percaya diri dan ketangguhan sebuah adventure vehicle.

Baca juga: Indikator BBM pada LSUV Menyentuh Posisi E, Sisa Berapa Liter Lagi di Tangki?

Soal jantung pacu, mobil dilengkapi pilihan hybrid engine yang didampingi oleh opsi gasoline engine, di mana keduanya sama-sama berkapasitas 1.500 cc 4 silinder.

Dapur pacu hybrid sanggup menghasilkan tenaga 82 kW, dilengkapi EV Mode dan transmisi CVT yang bersinergi dengan motor listrik untuk menggerakkan as roda depan dalam kolaborasi yang paling efisien tanpa mengorbankan performa.

Sementara untuk tipe bensin menggunakan engine 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 78 kW dan torsi 138 Nm. Tersedia pilihan transmisi manual 5-speed dan CVT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com