Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membedakan Aki Asli dan Palsu

Kompas.com - 12/05/2023, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Ada banyak pilihan aki di pasaran mulai yang harganya murah hingga mahal. Pengguna mobil bisa memilih dengan menyesuaikan budjet dan berbagai pertimbangan.

Terkait memilih aki mobil, ada satu hal penting untuk diperhatikan yaitu soal keasliannya. Karena, banyak tiruannya di pasaran yang bisa saja membuat kita salah beli.

Harga aki tiruan memang dibanderol lebih murah, tapi kemiripan dengan aslinya kadang membuat konsumen tertipu. Terlebih lagi, kualitasnya lebih rendah daripada yang asli.

Baca juga: Cerita Konsumen Ditipu Beli Aki oleh Bengkel Mirip Shop&Drive

Jika diperhatikan lebih teliti, GS di situ bukan GS Astra melainkan akronim dari Gold Star.Tangkapan layar Jika diperhatikan lebih teliti, GS di situ bukan GS Astra melainkan akronim dari Gold Star.

Pemilik One Aki Ceper Klaten Wawan mengatakan, aki tiruan memang banyak dijumpai di pasaran, bahkan bisa saja dijual oleh oknum toko aki nakal, jadi pembeli harus jeli dalam memilih aki.

“Aki yang paling banyak tiruannya yaitu GS Astra, merek lain ada juga tapi tidak banyak, seperti Yuasa abal-abal juga ada, jadi jangan sampai salah beli karena kualitasnya jauh berbeda” ucap Wawan kepada Kompas.com, Jumat (12/5/2023).

Wawan mengatakan untuk aki Yuasa tiruan jumlahnya sedikit, karena jarang dijumpai. Cara membedakan aki Yuasa asli dan tidak ada pada ejaannya. Yuasa abal-abal biasanya memiliki desain logo yang mirip tapi jika dilihat lebih teliti ejaannya lain, bukan “YUASA”.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Switch AC Masih On Dapat Sebabkan Aki Tekor?

Serupa tapi tak sama, aki palsu memiliki perbedaan pada nama yang tertulis dengan ukuran huruf kecil.Tangkapan layar Serupa tapi tak sama, aki palsu memiliki perbedaan pada nama yang tertulis dengan ukuran huruf kecil.

Sedangkan untuk GS Astra bisa dibedakan dengan melihat logo Astra Otoparts-nya; ada atau tidak. Nama produsen aki tersebut pasti selalu disematkan pada aki GS yang asli.

“Aki GS tiruan tidak akan dijumpai logo tersebut, artinya aki tiruan tersebut memang bukan buatan Astra Otoparts,” ucap Wawan selaku pemilik toko aki yang tidak mau menjual aki tiruan.

Wawan mengatakan tidak tertarik menjual aki tiruan, karena efek jangka panjangnya justru bisa merusak kualitas toko. Menurutnya, pelanggan pasti akan menilai suatu toko dari kualitas produk yang dijual.

Baca juga: Cek Harga Aki Motor per Mei 2023

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno mengatakan, selain logo Astra Otoparts yang bisa dijadikan tanda keaslian aki GS, pembeli juga bisa melihat dari logo GS dengan teliti.

“Pertama pastikan ada logo Astra-nya, selanjutnya bisa diamati pada logo GS yang tersemat, yang asli tidak ada embel-embelnya, sedangkan aki tiruan biasanya menyertakan nama lain,” ucap Supra kepada Kompas.com, Selasa (10/5/2023)

Supra mengatakan GS tiruan sebenarnya adalah akronim dari Gold Star, Gold Shine dan lainnya. Tapi soal desain logo, warna, bahkan kemasan dibuat semirip mungkin untuk mengelabui pembeli.

Jadi, pastikan Anda membeli aki mobil asli dengan memperhatikan merek dan beberapa tanda yang dapat dikenali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com