Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Aki Mobil Jangan Tergiur Harga Murah

Kompas.com - 12/05/2023, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Harga lebih terjangkau kerap menjadi daya tarik pembeli dalam memilih suatu produk, termasuk memilih aki mobil. Terkadang dijumpai aki dengan kapasitas yang sama tapi dijual murah.

Umumnya, aki ditawarkan dengan banderol yang bervariasi berdasarkan kapasitas, merek dan wilayah distribusi. Bahkan terkadang di toko daring bisa memiliki harga jauh berbeda.

Ternyata, ada jenis aki tiruan yang beredar di pasaran. Jika tidak diperhatikan dengan detail, maka sekilas baterai tersebut sama dengan merek ternama, tapi sebenarnya berbeda.

Baca juga: Cerita Konsumen Ditipu Beli Aki oleh Bengkel Mirip Shop&Drive

Aki GS Astra yang asli ada logo Astra Otoparts dan tidak diembel-embeli nama lain berhuruf kecil.Shop&Drive/Iqbal Aki GS Astra yang asli ada logo Astra Otoparts dan tidak diembel-embeli nama lain berhuruf kecil.

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron, Suprawitno mengatakan memang ada aki tiruan yang beredar di pasaran, sekilas memang desainnya serupa tapi kualitas tak sama.

“Jika diamati aki tiruan cenderung dibanderol dengan lebih murah untuk menarik perhatian pembeli, banyak dijumpai di toko online dan offline sekali pun, tapi sebenarnya kualitasnya jauh berbeda,” ucap Supra kepada Kompas.com, Rabu (10/5/2023).

Supra mengatakan untuk aki asli seperti GS Astra umumnya bisa digunakan hingga 2 tahun pemakaian sejak pertama kali dipasang, namun yang tiruan tidak ada jaminan tersebut.

Baca juga: Cek Harga Aki Motor per Mei 2023

Aki mobilDicky Aditya Wijaya Aki mobil

Dari beberapa kali aki tiruan yang dijumpai, kualitasnya sangat berbeda jauh dengan aki asli. Meski demikian, Supra mengatakan ketahanan aki juga tergantung dengan pemakaian dan perawatannya juga.

“Beda jauh, yang tiruan paling rata-rata tidak sampai setahun rusak, tergantung pemakaian juga, tapi kalau yang GS Astra asli rata-rata di atas 2 tahun pemakaian,” ucap Supra.

Jadi, membeli aki tidak cukup hanya memertimbangkan harga, tapi juga perlu melihat spesifikasi, merek dan keasliannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com