Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Konsumen Ditipu Beli Aki oleh Bengkel Mirip Shop&Drive

Kompas.com - 09/05/2023, 13:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial di mana seorang pria mengaku kena tipu saat mengganti aki mobil sampai dua kali oleh bengkel yang mirip dengan Shop&Drive.

Dalam video yang diunggah akun TikTok, kenthadi, dia bercerita awalnya aki mobilnya soak karena lupa mematikan lampu. Kemudian dia disarankan oleh teman-temannya membeli aki di Shop&Drive.

Dia kemudian mencari nomor Shop&Drive di internet. Setelah dihubungi, teknisi datang ke rumah dan mengganti aki mobil. Dalam prosesnya, teknisi tersebut tidak memberikan nota pembelian dan semacamnya.

Baca juga: Mesin Bus Wajib Dipanaskan Sebelum Mulai Perjalanan

@kent.hadi

Bangke tu company ????. Please di share biar ga kena tepu sama tu orang” jahat

? original sound - kenthadi

 

Empat bulan kemudian aki tersebut kembali tekor. Dia kemudian menghubungi customer service bengkel yang sama, dan teknisi kembali datang untuk menukar aki. Namun, hanya dua minggu aki kembali tekor.

Saat dia cek di nota, ternyata perusahaan tempat dia membeli aki bukan Shop&Drive, tapi perusahaan lain dengan nama dan logo yang mirip bernama Shopdrive sehingga nama perusahaan itu masuk daftar mesin pencari Google.

Modusnya ialah mengimitasi perusahaan yang sudah terkenal agar calon konsumen merasa membeli di toko yang tepercaya.

Baca juga: Buat yang Belum Tahu, Ini Beda Perawatan Rem Mobil dan Rem Bus

"Ternyata yang gue kontak selama ini bukan Shop&Drive. Jadi selama ini yang gue kontak selama ini adalah company lain yang mirip-mirip namanya bukan Shop&Drive tapi Shopdrive gitu ya, terus dia bayar sponsor di Ggogle tiga nama teratas," ujar dia dikutip pada Selasa (9//5/2023).

Jumper aki mobil merupakan cara penanganan darurat mobil mogok disebabkan aki tekor. Kompas.com Jumper aki mobil merupakan cara penanganan darurat mobil mogok disebabkan aki tekor.

"Terus ujung-ujungnya gua beneran kontek Shop&Drive dia dateng pake seragam Shop&Drive terus dia bilang memang lagi banyak scamming kaya gini jadi kalian hati-hati saja. Gua cuma mau buat info saja buat lebih ati-ati aja kalo misalnya kalian mau ganti aki," kata dia.

Belum dijelaskan apakah aki yang tekor dua kali tersebut merupakan aki bekas atau aki palsu. Kemudian, tidak dijelaskan pula merek aki yang dibeli yang kemudian tekor tersebut.

Baca juga: Chery Siapkan Jaecoo 7 untuk Pasar Indonesia

Dalam video terlihat nota yang diberikan teknisi memang mirip dengan Shop&Drive. Namun, jika diselisik berbeda alias hanya mirip.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com