Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Bogor Macet Parah, Mobil Manual Jangan Pakai Setengah Kopling

Kompas.com - 25/04/2023, 07:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur cuti bersama Lebaran tahun ini tempat wisata di sejumlah daerah padat. Alhasil, terjadi kemacetan yang cukup panjang.

Bahkan, saat terjadi antrean di tanjakan membuat banyak mobil wisatawan yang mogok. Biasanya, tidak kuat menanjak atau mengalami kerusakan akan mengakibatkan kemacetan.

Sebagai contoh arus lalu lintas kendaraan yang menuju kawasan wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, terus meningkat pada H+2 lebaran atau Senin (24/4/2023). Polisi mencatat, ada 50.000 unit kendaraan yang masuk hingga menyebabkan kemacetan parah di pintu masuk GT Ciawi atau seputaran Simpang Gadog, Jalan Ciawi.

"Hari ini berdasarkan perhitungan kami, 50.000 kendaraan sudah masuk ke area Puncak. Belum lagi ditambah yang berangkat kemarin dan meningap di atas," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin saat ditemui di lokasi, Senin.

Maka dari itu, pengemudi sebaiknya menggunakan teknik berkendara yang benar untuk menghindari masalah di tanjakan. 

Kepala Bengkel Nasmoco Janti Yogyakarta Bambang Sri Haryanto mengatakan, untuk mobil transmisi manual tidak disarankan menggunakan kopling saat kendaraan berhenti di tanjakan. Jika menahan kopling, atau 'setengah kopling' justru merusak komponen yang ada di bagian transmisi. 

Beberapa aksi Tukang Ganjel yang kerap ada di Tanjakan Ciburial, Nagreg, Kabupaten Bandung Jawa Barat, pada Senin (24/4/2023)KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Beberapa aksi Tukang Ganjel yang kerap ada di Tanjakan Ciburial, Nagreg, Kabupaten Bandung Jawa Barat, pada Senin (24/4/2023)

"Macet di tanjakan sebaiknya menggunakan rem tangan, apalagi cukup lama. Itu juga lebih ke safety, antisipasi mobil meluncur ketika di tanjakan. Kalau kopling digunakan terus pasti panas. Gesekan itu menyebabkan pelat kopling habis karena terbakar," kata Bambang kepada Kompas.com, Senin (24/4/2023). 

Baca juga: Viral Video Kebakaran Nissan Grand Livina karena Peredam Panas

Biar tidak ada kerusakan, kata Bambang, sebaiknya kopling mobil digunakan secukupnya saja. Penggunaan yang tepat yaitu ketika pertama kali kendaraan akan berjalan di tanjakan. Saat menyeimbangkan ritme gas dan kopling juga ada aturannya. 

Ilustrasi rem tangan mobil () Ilustrasi rem tangan mobil

Jika terjadi masalah seperti kopling bau terbakar, pengemudi mobil harus segera menepikan mobilnya. Tujuannya agar komponen kopling tidak terlalu panas dan dapat kembali digunakan.

Kemudian di coba, bila ada kerusakan pada kopling gejalanya cukup banyak, yang biasa terjadi adalah tenaga hilang dan berat untuk menanjak. 

Baca juga: Gunakan Teknik Ini Saat Mobil Berhenti di Tanjakan

"Di tanjakan, jika kopling bau terbakar itu biasanya karena kopling yang tipis. Kalau mengalami sebaiknya pengemudi berhenti mendinginkan mesin. Terus di coba, apakah gejala kampas kopling habis terjadi atau masih aman," kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com