Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama Lebaran, 28.000 Kendaraan Masuk Kawasan Puncak Bogor

Kompas.com - 23/04/2023, 12:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polres Bogor menyatakan lalu lintas di Jalan Raya Puncak, Jawa Barat cukup padat pada hari pertama Lebaran 2023 atau 1444 H.

Tercatat, sebanyak 28.000 kendaraan memasuki kawasan wisata itu sampai Sabtu (22/4/2023) malam.

Sebelumnya, dalam 5 hari arus mudik Lebaran di tahun ini sudah ada 152.771 kendaraaan yang melintas di jalur tersebut.

"Sampai dengan hari ini jam 18.00 WIB terpantau ada 28 ribu kendaran," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata dalam keterangannya, Sabtu (22/4/2023).

Baca juga: Jasa Marga Catat Rekor Puncak Arus Mudik pada Lebaran 2023

Sejumlah Ruas Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, mengalami kemacetan pada lebaran hari pertama atau Sabtu (22/4/2023) siangKOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Sejumlah Ruas Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, mengalami kemacetan pada lebaran hari pertama atau Sabtu (22/4/2023) siang

Dicky mengatakan, angka tersebut cukup meningkat dibanding hari sebelumnya. Tetapi hal itu sesuai prediksi dari kepolisian dan proyeksinya pada Minggu (23/4/2023) juga bakal terjadi peningkatan mobilitas.

"Kendaraan yang masuk ke kawasan wisata Puncak pada hari H Lebaran terpantau arus kendaraan yang masuk cukup meningkat dibanding hari sebelumnya," kata Dicky.

"Memang prediksi kami terjadi peningkatan di Hari H, H+1, dan seterusnya," ujarnya.

Sejalan dengan kondisi terkait, Satlantas Polres Bogor memberlakukan suatu rekayasa lalu lintas ganjil genap dan sistem satu arah alias one way.

Baca juga: Jawaban Honda soal Rumor Scoopy Pakai Mesin 160 cc

Situasi arus lalu lintas di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat, pada H-1 Lebaran 2023 atau Jumat (21/4/2023) petang mengalami kemacetan. Sejumlah kendaraan terlihat terhambat akibat volume lalu lintas terus meningkat memasuki jalur Puncak.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat, pada H-1 Lebaran 2023 atau Jumat (21/4/2023) petang mengalami kemacetan. Sejumlah kendaraan terlihat terhambat akibat volume lalu lintas terus meningkat memasuki jalur Puncak.

"Oleh karena itu pagi hari tadi kita memainkan pola ganjil genap, dan pada siang hari kita melakukan pengurasan arus dari arah Puncak menuju Jakarta," ujarnya.

Adapun perkiraan jumlah kendaraan yang masih berada di jalur Puncak, ada sekitar 10.000 unit. Maka dari itu, Dicky menyebut pihaknya bakal menambah personel untuk mengantisipasi kepadatan esok hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com