Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini Setelah Beli Mobil Bekas, apalagi Mau Dipakai Mudik Lebaran

Kompas.com - 10/04/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Waktu mudik Lebaran 2023 sudah dekat. Bagi calon pemudik yang belum lama ini membeli mobil bekas, ada beberapa anjuran yang harus dipahami. Supaya persiapan pulang kampung lebih optimal, sebaiknya mengikuti beberapa tips berikut.

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani, mengatakan, langkah penanganan pra-mudik untuk mobil seken yang baru dibeli tidak sama dengan mobil baru keluar dari pabrik.

“Kalau baru beli mobil seken, sebaiknya melakukan pemeriksaan di beberapa komponen dulu supaya mudik tetap aman dan nyaman,” kata dia kepada Kompas.com, Minggu (9/4/2023).

Baca juga: Lebih Baik Mana, Aki Kering atau Aki Basah?

Panel ACKompas.com/Erwin Setiawan Panel AC

Tips pertama yang dibagikan Juni, yaitu memeriksa dan memastikan air conditioner (AC) mobil berfungsi dengan baik dan suhunya dingin.

Menurut dia, AC mobil merupakan satu komponen yang sering diabaikan oleh pengguna, khususnya konsumen yang baru membeli mobil bekas.

“Analoginya begini, walaupun kaki-kaki mobil enak dan suspensi empuk, kalau mobil gerah dan pengap pasti perjalanan enggak nyaman dan terganggu. AC yang berfungsi baik itu wajib ada ketika perjalanan jauh, khususnya mudik,” kata dia.

Untuk itu, pengguna disarankan memeriksa kualitas AC. Jika ditemukan ada kendala berupa hembusan yang tidak maksimal atau temperatur yang kurang dingin, sebaiknya dilakukan servis.

Baca juga: 4 Cara Mudah Memeriksa Kondisi Freon AC Mobil

Kaki-kaki mobil perlu di cek supaya bisa mengetahui adanya kerusakan. Kompas.com Kaki-kaki mobil perlu di cek supaya bisa mengetahui adanya kerusakan.

Tips lain, yaitu memeriksa sistem pengereman pada mobil karena ini merupakan komponen penting. Apalagi, mobil tersebut akan digunakan untuk pergi jauh.

“Nantinya akan diperiksa semua mulai dari roda, rem, kaki-kaki, lubrikasi, dan lain-lain. Kalau sistem pengereman baik, mobil aman digunakan dan siap dipakai mudik,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com