Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bahayanya Panaskan Mesin Mobil tapi Ada Anak Kecil di Dalam Kabin

Kompas.com - 09/04/2023, 11:32 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 


JAKARTA, KOMPAS.com – Memanaskan mobil sebelum digunakan kerap dilakukan oleh pemilik mobil guna kinerja pelumas yang ada di ruang mesin menjadi lebih sempurna.

Biasanya, pada proses memanaskan mesin mobil, pemilik cenderung meninggalkan mobil untuk mengerjakan kegiatan lain.

Namun ternyata kebiasaan ini justru dapat menimbulkan bahaya, terutama jika di rumah dengan anak kecil. Contohnya seperti kejadian yang viral pada video yang dibagikan oleh akun Tiktok @wr.dfs_lopait.

Baca juga: Pilihan MPV Bekas Murah buat Lebaran, Innova Mulai Rp 80 Jutaan

Dalam cuplikan video tersebut, pemilik mobil yang sedang meninggalkan kendaraannya pada saat mesin sedang dipanaskan tiba-tiba melaju ke depan. Bahkan menabrak pagar dari rumah yang ada di depan garasi rumah tersebut.

Kejadian tersebut disebabkan pada saat mobil dipanaskan, pemilik mobil justru sudah memasukan anaknya ke kabin. Diduga tuas transmisi mobil dimainkan oleh anak itu, hingga mobil melju dan menabrak.

Beruntungnya tidak ada korban jiwa atau terluka dalam kejadian tersebut. Hanya saja, tidak disebutkan dimana dan kapan kejadian tersebut terjadi.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengimbau para orang tua tidak meninggalkan anak pada saat memanaskan mesin mobil agar terhindar dari kejadian video tersebut.

@wr.dfs_lopait

waspada saat manasin mobil ya

? suara asli - wr. DFS Lopait


“Sifat anak-anak itu keingintahuannya besar, apa yang bisa diutak-atik akan dilakukan. Maka dari itu tidak boleh seorang anak ditinggal di dalam mobil tanpa pendampingan,” kata Sony kepada Kompas.com, Minggu (9/4/2023).

Baca juga: Titik Lokasi Keluar Jakarta yang Berpotensi Macet Saat Mudik Lebaran 2023

Sony juga menyarankan agar pemilik mobil untuk membiasakan diri untuk tidak meninggalkan kunci kontak mobil. Pastikan kunci selalu dipegang oleh pengemudi, dan saat mesin sudah hidup pengemudi wajib ada di belakang kemudi.

“Jadi jangan ditinggal mesin hidup tanpa kontrol sekalipun berhenti, karena selama mesin tersebut punya roda maka ada kemungkinan bergerak dan bahaya. Hilangkan kebiasaan memanaskan mesin sambil ditinggal dengan melakukan aktivitas lain,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com