Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Motor Listrik Jiplak Desain Vespa Primavera

Kompas.com - 06/04/2023, 16:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, berbagai motor listrik mulai marak di pasaran. Bahkan ada beberapa yang desainnya mirip dengan Vespa Primavera, proporsinya serupa.

Misal seperti unit milik Davigo dengan nama Forza dan ada juga Electro EL02 yang serupa dengan Primavera. Belum lagi Volta yang juga meluncurkan motor listrik dengan desain layaknya Vespa.

Sejak lama, sebelum tren motor listrik juga beberapa merek China banyak yang menjiplak desain khas dari motor Vespa. Bagaimana tanggapan Vespa akan hal tersebut?

Baca juga: Merek Jepang Punya Skutik Klasik, Vespa Indonesia Siap Kompetisi

Motor listrik Electro EL02 dan EL03 produksi Mobil Anak Bangsa (MAB) dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Electro EL02 dan EL03 produksi Mobil Anak Bangsa (MAB) dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022).

Marco Noto La Diega, Managing Director and Country CEO PT Piaggio Indonesia menjelaskan, desain Vespa yang orisinal sudah dipatenkan, apapun produknya.

"Kalau ada yang menjiplak, kami mengambil langkah hukum. Tapi saat orang berusaha menjiplak, itu tidak ada artinya," ucap Marco di Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Baca juga: Efek Buruk Sering Memanaskan Mesin Mobil di Dalam Garasi


Marco dengan lantang menjelaskan, Vespa adalah Vespa dan sudah dilindungi dengan hak paten. Jadi bisa dibilang cuma ada satu Vespa, yang lainnya bukan.

"Vespa is Vespa dan itu sudah dilindungi, cuma ada satu Vespa," kata Marco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com