Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Motor Pakai Ban Cacing Bikin Irit Konsumsi BBM?

Kompas.com - 06/04/2023, 16:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi tire step down alias memperkecil ukuran ban kerap dilakukan pengendara motor untuk mendapatkan tampilan nyentrik dan unik.

Selain bisa memberikan tampilan nyetrik, motor yang menggunakan ban cacing atau ban berukuran kecil disebut-sebut memiliki konsumsi BBM yang jauh lebih irit. Benarkah demikian?

Dodiyanto, Senior Brand Executive dan Product Development PT Gajah Tunggal menjelaskan, motor dengan ban cacing memang lebih irit BBM, tapi selisihnya hanya sedikit bila dibandingkan dengan ban standar.

“Kalau ditanya irit atau tidak, ya memang (ban cacing) lebih irit, tapi kalau dikompatasi dengan ban biasa, selisihnya enggak jauh berbeda,” kata dia kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Punya Presdir Baru, Mitsubishi Indonesia Akan Agresif Tahun Ini

Modifikasi pelek pada skutik bergaya Thailook(Instagram Thailook Indonesia) Modifikasi pelek pada skutik bergaya Thailook

Dodi menyarankan pengendara supaya tidak menggunakan ban cacing, apalagi untuk berkendara harian karena banyak risiko yang bisa terjadi.

“Tapak permukaan ban cacing itu enggak selebar ban standar, jadi cengkeramannya ke jalan pasti kurang. Ini berbahaya untuk penggunaan harian,” kata dia.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 menambahkan, selain cengkeraman ban yang kurang, motor yang dilengkapi ban cacing juga berpotensi memiliki keseimbangan yang buruk.

“Pabrikan sudah mengukur dan menyesuaikan ukuran ban dengan dimensi motor. Kalau ban di step-down, motor bisa jadi enggak imbang,” kata Anto.

Walaupun ban cacing memiliki keunggulan tipis dari segi keiritan konsumsi BBM, pengendara tidak dianjurkan menggunakan ban jenis ini karena banyaknya kekurangan di segi lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com