Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Indikator Aki Tekor di Honda PCX 150?

Kompas.com - 06/04/2023, 15:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda PCX 150 generasi ketiga pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2017. Saat itu, skutik bongsor ini pertama kali diproduksi di Indonesia, bukan impor lagi dari negara tetangga.

Salah satu keunikan PCX 150 yang sampai saat ini diterapkan adalah absennya kick starter. Jadi pada bagian kiri motor, dekat dengan CVT, sudah tidak ada lagi tuas untuk menyalakan motor memakai kaki.

Lalu bagaimana kalau akinya tekor atau habis?

Baca juga: Kecelakaan Fatal PCX Vs Xeon, Wajib Rem Saat Lewati Perempatan

All-New Honda PCX 150Febri Ardani/KompasOtomotif All-New Honda PCX 150

Gofur, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta mengatakan, untuk PCX 150 lansiran 2017 atau sebelum yang 160cc tidak memiliki indikator aki di instrument cluster atau speedometer.

"Tipe PCX 2017 memang tidak ada indikator akinya. Untuk aki rata-rata pemakaian normal satu tahun paling cepat (usianya)," ucap Gofur kepada Kompas.com, Kamis (6/4/2023).

Menurut Gofur, untuk para pemilik PCX lansiran 2017 jika sudah dipakai lebih dari dua tahun, sudah harus waspada. Lebih baik cek kondisi aki sebelum soak atau habis dan motor tidak bisa dinyalakan karena tidak ada kick starter.

Baca juga: Ciri-ciri Penipuan Jual Beli Mobil Bekas, Pelaku Pasti Pakai Kalimat Ini

"Ada juga yang sampai tiga tahun, tergantung pemakaian dan juga kualitas aki," ucap Gofur.

Untuk motor lain yang memakai mesin serupa dengan PCX 150 yakni Vario 150 dan ADV 150 sudah punya indikator berupa lampu aki dan besaran voltase. Begitu juga di PCX paling terakhir yang sudah 160cc

"Kalau aki mulai lemah di PCX 160, indikator aki akan menyala merah. Kalau normal, indikator aki mati (tidak menyala)," kata Gofur.

Jadi bagi pemilik PCX 150 lansiran 2017 sampai sebelum yang 160cc, untuk mengetahui kondisi aki bisa rutin cek ke bengkel resmi. Pilihan lain adalah dengan memasang voltmeter sendiri, atau modifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com