Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Dikunci Setang, Ini Alasan Roda Mobil Perlu Dibelokkan Saat Parkir

Kompas.com - 18/03/2023, 14:02 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah video viral memperlihatkan roda mobil yang sengaja dibelokkan saat parkir. Rupanya cara ini menjadi salah satu teknik berkendara aman yang patut diikuti masyarakat.

Dilansir dari Tiktok @suryaderry17 (18/3/2023), video mobil yang parkir dengan roda membelok ke salah satu ruas jalan, menjadi standar keamanan bagi petugas jalan tol saat berhenti.

Ada yang tau gak ya, kenapa roda nya mobil petugas pada di belokin ke kanan???” tulis keterangan pada video tersebut.

Baca juga: Mobil Jarang Dipakai, Kapan Ganti Oli Transmisi Matik?

@suryaderry17 kenapa seperti itu ya, ada yang tau??????????? #jalantol #layananjalantol #rescue #ambulance #evakuasi #evakuasilaka #lakalantas #fyp #fyp? ? dawet jembot ireng - al

Menanggapi hal ini, netizen ramai di kolom komentar. Umumnya mereka paham, tapi masih banyak juga yang menganggap hal tersebut sekadar iseng bahkan seperti motor yang dikunci setang.

Menjawab pertanyaan tersebut, Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC), mengatakan, pada dasarnya hal tersebut wajib dilakukan saat mobil berhenti di jalan menanjak atau menurun.

“Jadi kalau parkir di tanjakan atau turunan pengemudi wajib untuk membelokkan kemudi, agar bila rem tangan rusak maka mobil tidak meluncur ke belakang namun tertahan oleh pembatas jalan,” ujar Marcell, kepada Kompas.com (18/3/2023).

Baca juga: Anak Kecil Masuk ke Jalan Tol Desari, Pengelola Tol Minta Maaf

Menurutnya, ada sedikit tata cara yang perlu diperhatikan pengemudi saat membelokkan roda mobil ke salah satu arah.

Ketika parkir di tanjakan, bila di pinggir jalan ada trotoar maka belokan kemudi ke kanan. Agar saat rem tangan gagal, maka ban kiri depan akan tertahan di trotoar.

Kemudian, bila pinggir jalan tidak ada trotoar, maka belokan kemudi ke kiri. Agar saat rem tangan gagal mobil dapat mengarah ke pinggir jalan.

Baca juga: Pemprov DKI Meliburkan Sementara Car Free Day Akhir Pekan Ini

ilustrasi parkir mobil pararelhttps://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/ ilustrasi parkir mobil pararel

“Sedangkan bila kita parkir di turunan, maka belokan kemudi ke kiri, baik ada trotoar atau pun tidak ada trotoar,” ucap Marcell.

Marcell menambahkan, cara ini efektif dilakukan ketika berada di jalan menurun dan menanjak. Sedangkan di jalan rata, hal ini tidak perlu dilakukan.

“Karena kan tidak ada gravitational force yang bisa menarik mobil maju atau mundur seperti di tanjakan bila rem tangan gagal,” kata dia.

Parkir mobil transmisi manual

Ilustrasi parkir mobilunsplash.com/Michael Fousert Ilustrasi parkir mobil

Parkir mobil membutuhkan teknik dasar dan analisa risiko bahaya di tempat parkir. Apalagi bila kondisi jalan tanjakan dan turunan yang curam.

Bila mobil transmisi matik saat parkir dapat menggunakan gigi P, kemudian itu pun menjadi pertanyaan pemilik mobil manual.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com