Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Wiper Wajib Diangkat Saat Mobil Parkir?

Kompas.com - 11/03/2023, 10:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wiper mobil bisa dianggap sebagai salah satu komponen penting karena fungsinya untuk membersihkan kaca depan mobil dari kotoran dan menyapu air saat hujan lebat.

Meski fungsinya penting, sebagian besar pengendara masih cuek dan tidak memperdulikan perawatan wiper. Padahal, perawatannya cukup mudah.

Satu perawatan mudah yang bisa dilakukan oleh pengendara adalah mengangkat wiper saat mobil sedang terpakir di tempat terbuka yang tidak teduh.

“Ketika terekspos matahari langsung, kaca mobil kan memanas. Panasnya itu bisa membuat karet wiper mleyot, jadi sebaiknya diangkat,” kata Ekowati, Technical Leader Auto2000 Kalimalang Jakarta Timur kepada Kompas.com, Jumat (10/3/2023).

Baca juga: MG ZS dan MG 5 GT Edisi Khusus Hadir di JAW 2023

Angkat wiper kaca mobil Ilustrasi Wiper Kaca Mobil Angkat wiper kaca mobil

Kendala lain yang bisa terjadi adalah jika mobil ditinggal dalam waktu yang cukup lama dan mobil terpapar cuaca panas dan hujan secara terus-menerus. Bukan tidak mungkin karet wiper bisa berkerak, bahkan meleleh.

“Merawat wiper sama saja dengan merawat kaca mobil bagian depan. Kalau wiper sehat, fungsinya akan normal dan berkendara akan aman,” ujar Eko.

Satu perawatan lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas dan fungsi wiper adalah mengelap bagian karet untuk menghilangkan debu. Tujuannya untuk menghilangkan debu-debu halus yang terkumpul dan tidak membuat kaca lecet.

“Wiper yang terawat umurnya bisa lebih lama, mungkin sekitar 2 tahunan. Wiper yang tidak dirawat, kepanasan dan kehujanan, umurnya bisa jauh lebih pendek,” kata Eko

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com