Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Lelang Mobil Eks Perusahaan

Kompas.com - 10/03/2023, 18:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com -  PT Balai Lelang Asta Naia Jaya (AUKSI) menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan untuk menjadi mitra penjualan mobil bekas

Dari data penjualan 2022 lalu, AUKSI mencatat, penjualan mobil bekas di Indonesia meningkat 30-40 persen pasca pandemi Covid-19. Data itu juga mengklaim, masyarakat memilih mobil bekas dengan melihat yang kompetitif dan kualitas. 

Pembelian mobil dari bursa lelang, dapat menguntungkan. Kondisi itu dikarenakan peserta lelang mampu mendapatkan mobil murah dibawah harga pasaran umumnya. 

Sementara di AUKSI jenis mobil lelang dikelompokkan, yakni berasal dari titip jual aset kendaraan perusahaan dan titip jual perseorangan. Ada dua keuntungan bagi penjual dan pembeli. Nantinya, penjual mobil bekas dibantu dengan jaringan pasar yang luas agar mobil cepat terjual.

Kemudian untuk pembeli, akan mendapatkan mobil bekas yang benar-benar berkualitas. Dari fisik kendaraan dan juga kelengkapan surat-surat, termasuk surat pelepasan atas nama perusahaan. 

"Mobil yang dilelang di AUKSI memiliki database pelanggan di seluruh Indonesia. Sehingga siap mengikuti lelang kapan pun, baik di pool maupun secara real time melalui website," kata Head of AUKSI Bady Qaidasyah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/3/2023). 

Baca juga: Beli Mobil Bekas Taksi Bisa Pakai Skema Kredit

Pembelian mobil bekas yang dijual AUKSI dari website sangat mudah. Pelanggan bakal diminta memasukkan merek, tipe, dan tahun kendaraan melalui www.auksi.co.id, untuk mendapatkan estimasi harga. Termasuk layanan penitipan mobil juga di akses melalui situs tersebut. 

Setelah itu, jika estimasi harga sesuai bujet, dapat melanjutkan pengisian data nama lengkap dan nomor kontak yang dapat dihubungi. Untuk pembelian di tempat, calon pembeli dapat datang ke 3 pool AUKSI yang berada di Jakarta, Surabaya, dan Semarang. 

Lokasi pool tersebut, beralamat di Jalan Ciledug Raya No.58, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Kemudian, AUKSI Semarang berlokasi di Jalan Raya Semarang-Boja No.6, Ngaliyan, Semarang. Ketiga, pool AUKSI Surabaya, berada di Jl. Raya Taman No.113, Gilang Selatan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Layanan lelang mobil bekas AUKSI Dok. AUKSI Layanan lelang mobil bekas AUKSI

"Calon pembeli dapat membuka harga beli atau open bid dari harga terendah. Penetapan harga mobil lelang menggunakan harga dasar. Jika beruntung, pembeli akan dihubungi sales AUKSI untuk pelunasan pembayaran," kata Bady. 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com