Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sampai Kurang, Sekian Kapasitas Oli Transmisi pada Mobil Matik

Kompas.com - 07/03/2023, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Oli transmisi pada mobil matik menjadi elemen yang sangat penting untuk dijaga kualitas dan volumenya. Pasalnya, tidak hanya sebagai pelumas, tapi juga menjadi fluida atau penggerak mekanikal kopling.

Dengan demikian, oli transmisi matik yang kualitas dan volumenya menurun tentu akan membuat performa mobil menurun. Dalam jangka pendeknya, mobil bisa tidak jalan dan jangka panjangnya kampas kopling di dalam transmisi matik bisa aus karena terjadi selip.

Melihat risikonya sangat fatal, lantas berapa kapasitas oli transmisi matik pada mobil?

Baca juga: Waspada, Jarang Ganti Oli Matik Bikin Selip Perpindahan Gigi

Flushing oli matikKompas.com Flushing oli matik

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan, kapasitas oli transmisi matik pada setiap mobil bisa berbeda-beda, tetapi untuk menentukan apakah sudah cukup atau belum bisa dengan mengikuti beberapa metode.

Kapasitas oli transmisi matik bisa berbeda-beda mobil satu dengan yang lain, secara umum kalau untuk mobil Jepang kisaran 4 sampai 9 liter kapasitasnya. Namun, dalam proses penggantiannya kadang hanya dibutuhkan 4 liter,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Senin (6/3/2023).

Dia mengatakan, penggantian oli transmisi matik paling hanya butuh 4 liter, berbeda dari flushing yang membutuhkan oli lebih banyak.

Baca juga: Waktu Penggantian Oli Matik Sesuaikan dengan Buku Panduan Servis

Cek kondisi oli matik Dicky Aditya Wijaya Cek kondisi oli matik

“Penggantian oli transmisi matik butuhnya paling 4 liter, karena sebenarnya hanya membuang oli yang ada di tangki oli saja, padahal total kapasitas oli matik bisa lebih dari itu karena ada yang ada di torque converter juga,” ucap Hardi.

Sedangkan ketika dilakukan proses flushing, Hardi mengatakan bisa membutuhkan oli matik 2 kali lipat, bahkan seterusnya.

“Proses flushing sama saja melakukan pembilasan oli transmisi matik dengan mengalirkan sesuai alirannya, jadi prosesnya bisa menghabiskan oli dua kali lipat bahkan lebih dari jumlah penggantian oli biasa,” ucap Hardi.

Baca juga: Teknik Flushing Oli Matik pada Mobil, Ini Manfaatnya

Carter Oli MatikDicky Aditya Wijaya Carter Oli Matik

Dengan demikian, patokan apakah oli transmisi matik sudah terisi dengan cukup atau belum bukan ditentukan dengan jumlah oli yang digunakan, melainkan berdasarkan pemeriksaan volume oli transmisi matik secara langsung dengan dipstick atau yang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com