Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Jasa Valet Parking, Jangan Tinggalkan Barang Berharga di Mobil

Kompas.com - 05/02/2023, 14:07 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mencari lahan parkir mobil di mal atau pusat perbelanjaan kerap menjadi hal yang sulit, terutama saat akhir pekan.

Hal ini membuat sebagian pemilik mobil memutuskan untuk menggunakan bantuan dari jasa valet parking.

Pemilik mobil hanya perlu mengeluarkan sejumlah tarif agar petugas valet membantu pemilik mobil untuk mencari lahan parkir.

Baca juga: 6 Tanda Sudah Mahir Nyetir Mobil

Namun, jasa valet parking kerap lebih mahal dari parkir biasa. Apalagi, mobil dikemudikan oleh salah satu petugas valet, sehingga bisa mengendalikan dan mengakses mobil sepenuhnya.

Tentunya ini menjadi hal yang harus diantisipasi lantaran mobil merupakan kendaraan yang tidak murah. Tidak hanya itu, beberapa pemilik mobil juga kerap menaruh sejumlah benda atau barang berharga di kabin mobil.

Maka dari itu, menggunakan jasa valet parking tidak luput dari beberapa kejadian kurang menyenangkan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.


“Jadi tips ini bisa digunakan oleh perempuan juga kalau tidak ada ladies parking dan mau pakai layanan parking valet, pastikan saja bahwa barang-barang berharga di kendaraan itu jangan ada yang ditinggal, lalu pilih petugas valet yang jelas berupa tanda bukti dari layanan valet yang jelas juga,” kata Ketua Indonesia Parking Association (IPA), Rio Octaviano kepada Kompas.com, Sabtu (5/2/2023).

Baca juga: Harganya Tidak Seragam, Tarif Parkir Valet Bakal Diatur Resmi

Rio menjelaskan jika biasanya setiap petugas dari layanan valet yang tepat akan memastikan kendaraan dan barang yang ada di dalamnya aman. Hal ini telah menjadi SOP dari setiap layanan valet parking resmi di Indonesia.

Posisi Parkir Mobil di Lahan ParkirDicky Aditya Wijaya Posisi Parkir Mobil di Lahan Parkir

Sehingga sebelum petugas valet akan mengendarai mobil tersebut, akan bertanya kepada pemilik mobil mengenai legitimasi kendaraan. Kemudian, petugas valet harus menyampaikan ke pemilik kendaraan ada barang yang mau dibawa atau tidak.

“Kalau ada barang berharga di dalam mobil takut terjadi kehilangan karena jadi petugas valet ini banyak resikonya. Jadi memang untuk mencegah resiko tersebut karena sudah diperkirakan oleh operator valet,” kata Rio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com