Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Perbaikan Kaca Depan Bus, Bisa Tembus Rp 5 Juta

Kompas.com - 31/01/2023, 18:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Kaca adalah komponen yang penting dalam armada bus. Tanpa adanya kaca, kenyamanan dan keselamatan bus saat beroperasi akan terganggu.

Apalagi, bus merupakan kendaraan massal yang mengangkut banyak nyawa di dalamnya. Maka dari itu, jika kaca pecah atau bermasalah harus segera diperbaiki.

Jika kaca bus bermasalah, terutama jika kaca bus retak atau pecah akan mengganggu visibilitas pengendara

Baca juga: Selis Siapkan Mobil Listrik Mungil untuk Indonesia

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, jika durasi perbaikan kaca bus bagian depan dan bagian samping tidak memakan waktu lama. Hanya saja saja untuk perbaikan kaca samping lebih lama.

Bus AKAP baru PO Garuda MasDOK. LAKSANABUS Bus AKAP baru PO Garuda Mas

“Kalau hanya penggantian kaca hanya butuh waktu beberapa jam saja. Kalau untuk kaca depan kan pakai karet kaca jadi lebih cepat untuk pemasangan. Sementara itu, kalau kaca samping dengan sealent kaca jadi harus tunggu hingga sealant agak kering sekitar 4-6 jam baru bisa dipakai jalan,” kata Werry kepada Kompas.com, Selasa (31/1/2023).

Baca juga: Simpan Motor Koleksi, Lebih Baik Lepas Aki atau Tidak?


Kemudian, untuk biaya perbaikan kaca depan dan samping bus juga berbeda. Werry menyebutkan jika kaca samping bus lebih kecil jadi lebih murah jika dibandingkan kaca depan. Biasanya hitungannya berapa banyak kaca samping yang pecah dan hendak diganti.

“Kisaran harga perbaikan untuk kaca bus bagian kaca depan sekitar Rp 4 juta sampai Rp 5 juta. Sementara itu, karena kaca samping bervariasi, jadi tergantung ukuran,” kata Werry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com