Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Komponen Ini Saat Beli Xpander Bekas

Kompas.com - 26/01/2023, 12:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Mitsubishi Xpander menjadi pilihan buat masyarakat yang mencari mobil di segmen low multi purpose vehicle (LMPV). 

Tak heran, Xpander menjadi tulang punggung penjualan Mitsubishi. Berdasarkan catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang 2022, Xpander mendapatkan angka 47.820 unit. 

Di Indonesia, banyak pemilik mobil yang tergiur karena faktor akomodasi, biaya bahan bakar, dan ketangguhan untuk berbagai macam kondisi medan. 

Tak hanya segmen baru, tetapi penjualan Xpander juga diklaim cukup menguasai di bursa mobil bekas. Harga bekasnya di sejumlah jual beli mobil daring bervariasi, yaitu kisaran Rp 175-200 jutaan. 

Baca juga: Ulas Keunggulan Mobil Matik Dibandingkan Manual

Berburu Xpander bekas bisa dikatakan gampang-gampang susah. Permasalahan kerusakan yang ada juga kebanyakan bersifat umum atau mudah diperbaiki. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan? 

  • Riwayat Perawatan

Perbaikan mobil Mitsubishi yang terendam banjir di Semarang Mitsubishi Bumen Redja Semarang Perbaikan mobil Mitsubishi yang terendam banjir di Semarang

Pada umumnya, mobil yang berusia dibawah 5 tahun, catatan servis rutin membantu calon pembeli untuk menganalisa kondisi mobil. 

Mesin, transmisi, dan komponen-komponen lainnya yang terawat membuat pemilik berikutnya tidak terbebani biaya perbaikan yang besar. 

Kepala Bengkel Mitsubishi Bumen Redja Abadi Semarang Ali Yusuf mengatakan, mobil yang memiliki riwayat servis rutin kondisinya segar dan siap pakai. 

"Pergantian oli mesin atau transmisi yang terlambat bisa merusak. Perbaikan besar overhaul kan butuh biaya puluhan juta yang dikeluarkan," ucap Ali. 

Baca juga: Marak Beredar Oli Palsu, Berikut Cara Mengetahui Oli Kendaraan yang Asli

Untuk keluhan yang sering ditanyakan, Ali menyebut, tidak ada masalah berat dan penanganan di bengkel resmi kebanyakan hanya perawatan 10.000 kilometer. 

"Shockbreaker juga ada keluhan. Tapi wajar, karena komponen fast moving, faktornya beragam bisa akibat kondisi jalan dan muatan yang overload," kata Ali. 

  • Mesin

Ruang mesin Mitsubishi New Xpander CrossKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ruang mesin Mitsubishi New Xpander Cross

Mesin Xpander berkapasitas 1.500 cc dan berpenggerak roda depan perlu di cek secara teliti, terutama untuk generasi pertama 2017. 

Masalah mesin pada mobil berusia 5 tahun biasanya meliputi kebocoran oli, persoalan pengapian yang tidak stabil, dan kelistrikan mesin seperti sensor-sensor yang mulai aus termakan usia. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com