BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

Marak Beredar Oli Palsu, Berikut Cara Mengetahui Oli Kendaraan yang Asli

Kompas.com - 19/01/2023, 15:03 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Maraknya peredaran oli palsu dalam beberapa waktu belakangan jadi kabar meresahkan bagi setiap pemilik kendaraan.

Pasalnya, kualitas oli palsu yang buruk dapat berakibat fatal dan merusak fungsi mesin kendaraan.

Agar terhindar dari oli palsu yang beredar di pasaran, pemilik kendaraan harus lebih berhati-hati saat membeli oli kendaraan.

Meski sulit dibedakan lantaran memiliki kemasan yang terbilang mirip, terdapat sejumlah cara yang bisa Anda gunakan untuk membedakan oli palsu dengan yang asli. Simak beberapa cara berikut.

1. Cek segel botol

Hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan keaslian oli adalah dengan melakukan pengecekan segel botol kemasan.

Umumnya, oli asli memiliki segel pada bagian botol. Hal inilah yang biasanya sulit untuk ditiru oleh pelaku pembuat oli palsu.

Tak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan kualitas tutup botol yang tersemat. Pada oli asli, tutup botol cenderung rapi, tidak penyok, dan tidak kusam.

Bila menemukan oli dengan kondisi tutup botol yang tidak normal, ada baiknya Anda urungkan niat untuk membeli.

2. Perhatikan label

Untuk memastikan oli yang digunakan asli atau tidak, Anda juga bisa melakukan pengecekan pada bagian label yang tersemat.

Label yang ditempelkan pada oli asli biasanya menggunakan teknik cetak dan kertas berkualitas tinggi.

Bila tampilan pada label oli yang Anda gunakan kurang bagus, seperti gambar label yang kurang tajam ataupun kusam, maka terdapat kemungkinan jika oli tersebut palsu.

3. Perhatikan warna

Selain aroma tidak sedap, oli palsu juga memiliki kualitas warna yang buruk dan tekstur tergolong cair.

Seperti diketahui, oli asli memiliki warna terang yang jernih dan memiliki tingkat konsistensi cukup kental. Pastikan oli yang ingin Anda gunakan memiliki ciri seperti ini.

Itu tadi berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk membedakan oli palsu dengan yang asli.

Terapkan cara tersebut agar Anda terhindar dari kerugian penggunaan oli palsu yang dapat membuat mesin kendaraan menjadi aus dan rusak.

Selain itu, gunakan juga oli berkualitas yang sesuai dengan tipe kendaraan agar mesin kendaraan tetap prima dan tahan lama.

Saat ini, banyak merek oli berkualitas yang ada di pasaran. Salah satunya adalah produk oli TMO dari Toyota.

Salah satu produk oli TMO dari Toyota. Dok. TAM Salah satu produk oli TMO dari Toyota.

Untuk diketahui, TMO adalah genuine oil dari PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk pasar Indonesia. Adapun seluruh spesifikasi varian TMO ditentukan oleh Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang dan telah disesuaikan dengan standar global.

Bagi para pengguna kendaraan Toyota, penggunaan oli TMO sangat dianjurkan untuk mengoptimalkan kinerja mesin kendaran.

Pasalnya, formula TMO Lubricant telah disesuaikan dengan kinerja mesin Toyota, termasuk untuk kendaraan Toyota dengan model mesin terbaru.

Selain itu, TMO juga memiliki Actifilm Technology Double Protector yang merupakan lapisan membran double protector yang didesain khusus oleh Toyota.

Teknologi tersebut hadir untuk memberikan keseimbangan formula yang optimal dalam melindungi setiap bagian mesin hingga celah terdalam dan terkecil dari keausan dan kebocoran. Teknologi Actifilm juga berfungsi sebagai penghancur kerak pada dinding mesin.

Adapun sebagai bentuk komitmen dalam memberikan produk oli berkualitas terbaik untuk masyarakat, terutama dalam peningkatan inovasi dan teknologi, TAM pun meluncurkan dua varian baru dari oli Toyota TMO. Oli tersebut adalah TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) dan TMO LITE 0W-20 SN GF-5.

Produk oli TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6).Dok. TAM Produk oli TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6).

Sebagai informasi, TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) adalah oli yang cocok untuk kendaraan terbaru Toyota, terutama untuk kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi termutakhir dan canggih. Oli ini memiliki tingkat keenceran yang tergolong rendah.

TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) hadir dengan spesifikasi ILSAC GF-6 yang mendukung penghematan bahan bakar serta dapat memberikan performa pembersihan dan pencegahan deposit lebih baik.

Oli tersebut cocok digunakan untuk mesin kendaraan dengan teknologi terbaru dan canggih yang sensitif terhadap deposit atau kotoran.

Pasalnya, varian tersebut dapat memberikan proteksi maksimal pada kendaraan dan mendukung penghematan bahan bakar dan rendah emisi.

Maka dari itu, TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) cocok digunakan untuk kendaraan yang ingin lebih ramah lingkungan.

Varian tersebut cocok digunakan untuk kendaraan mesin seperti All New Voxy, Camry Hybrid, Raize, dan All New Kijang Innova Zenix.

Untuk produk TMO LITE 0W-20 SN GF-5, oli ini hadir dengan viskositas rendah dan memiliki harga terjangkau.

Oli tersebut cocok digunakan untuk kendaraan Toyota dengan kapasitas oli di bawah 3,5 liter, seperti produk low cost green car (LCGC) macam Agya dan Calya. Oli ini juga sesuai untuk kendaraan, seperti Avanza, Veloz, Raize, Sienta, Yaris, dan Rush.

Bagi Toyota, kehadiran kedua varian TMO tersebut merupakan salah satu bagian dari inisiatif perusahaan dalam memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan yang kian beragam.

Tak hanya itu, oli tersebut juga telah menyesuaikan dengan perkembangan teknologi kendaraan Toyota. Peluncuran kedua varian terbaru TMO adalah wujud dari total ownership experience Toyota untuk pelanggan.

Toyota pun berharap kedua varian terbaru TMO tersebut dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan setianya akan kenyamanan berkendara dan kualitas kendaraan yang senantiasa terjaga.

Toyota akan selalu memberikan layanan terbaik untuk konsumen, mulai dari melayani pembelian hingga perawatan kendaraan.

Adapun untuk memastikan sekaligus memudahkan pelanggan dalam melakukan pengecekan keaslian, kedua varian oli terbaru TMO juga sudah dilengkapi dengan fitur TMO QR Anti-counterfeit yang tersemat pada kemasan botol.

Keaslian oli TMO semakin terjamin berkat kehadiran fitur TMO QR yang ada pada tutup kemasan. Dok. TAM Keaslian oli TMO semakin terjamin berkat kehadiran fitur TMO QR yang ada pada tutup kemasan.

Anda hanya cukup memindai QR code pada tutup botol menggunakan smartphone untuk menguji keaslian oli tersebut.

Tak hanya itu, oli terbaru TMO juga memiliki fitur ratchet snap system yang menyatukan bagian tutup botol dengan kemasan agar kemasan tak dapat digunakan lagi setelah dibuka.

Adapun per Januari 2023, konsumen juga dapat dengan mudah mengecek keaslian TMO melalui metode dengan metode congkel, cabut, copot, dan cek (4C).

Dengan metode tersebut, konsumen secara tak langsung juga telah membantu mengurangi produk palsu dengan modus penggunaan ulang kemasan. Ini lantaran, konsumen telah merusak kemasan tutup botol TMO.

Itu tadi segala kelebihan dari varian terbaru oli TMO. Bagi yang tertarik membeli varian terbaru dari oli TMO, silakan kunjungi dealer resmi Toyota.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com