Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Moge Punya Area Parkir Khusus di Mal?

Kompas.com - 23/01/2023, 17:14 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa mal besar di Jakarta punya tempat parkir khusus untuk pengguna motor gede atau Moge. Biasanya, letak tempat parkir moge ada di bagian muka atau depan mal.

Tidak semua moge bisa parkir di area tersebut, biasanya ada syarat minimum kapasitas mesin, bisa di atas 500 cc atau 600 cc. Jadi jika mesin motornya di bawah syarat tersebut, tidak bisa diparkir di area khusus.

Apa maksud dari tempat parkir khusus moge tersebut?

Baca juga: Dari Sisi Aturan, Moge Ingin Masuk Tol Bukan Hal Berlebihan

Ilustrasi parkir motor khusus moge yang terletak di Tangcity MallTwitter @tangcity Ilustrasi parkir motor khusus moge yang terletak di Tangcity Mall

Ketua Indonesia Parking Association Rio Octaviano mengatakan, moge memang disengaja mendapat fasilitas khusus atau spesial yakni parkir di depan mal dengan mempertimbangkan beberapa hal.

"Alasan pertama, biasanya moge ini kan (yang bawa) orang-orang high class dan sebagian memiliki hubungan khusus dengan owner atau pemilik mal," kata Rio kepada Kompas.com, Senin (23/1/2023).

Alasan kedua, jejeran moge yang ada di depan mal jadi salah satu strategi agar bisa dikunjungi berbagai komunitas motor. Jadi bisa dibilang buat menarik perhatian.

Baca juga: Deretan Bus AKAP Mewah, Harga Tiket Tembus Rp 800.000


"Ketiga, ketika moge diberikan fasilitas khusus, secara word of mouth (mulut ke mulut) marketing akan lebih baik (untuk mal)," kata Rio.

Kebanyakan moge yang parkir di area khusus tidak dikenakan tarif, berbeda dengan parkir mobil atau motor di gedung parkir. Tapi keuntungan bagi mal adalah dari sisi branding yang mewah dan baik karena banyak moge nongkrong.

"Untuk si mal sendiri menjadi marketing yang baik juga, melakukan daya tarik untuk mal tersebut. Istilahnya branding mal jadi bagus karena banyak moge parkir," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com