Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Beda Tarif Ngecas Mobil Listrik Pakai SPKLU Shell di Mal dan SPBU

Kompas.com - 19/01/2023, 18:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Shell Indonesia memperkenalkan Shell Recharge terbaru, yaitu sebuah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama yang berlokasi di luar SPBU Shell.

Kehadiran Shell Recharge di Mal Pacific Place, Jakarta Selatan, melengkapi 3 SPKLU Shell lain yang sudah dibangun lebih dulu.

Tercatat ada 3 SPKLU Shell lainnya di Jakarta, yakni di SPBU Shell Pluit Selatan 1 (Jakarta Utara), SPBU Shell Antasari 1 (Jakarta Selatan) dan SPBU Shell Jagorawi KM 21 (Bogor).

Baca juga: Agya Terbaru Segera Meluncur, Versi Lawas Diskon hingga Rp 9 Juta

Shell Recharge, SPKLU terbaru di Mal Pacific PlaceKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Shell Recharge, SPKLU terbaru di Mal Pacific Place

VP Marketing Shell Mobility Dian Kusumadewi, mengatakan, dirinya belum bisa mengungkap soal jumlah SPKLU yang ingin diluncurkan pada tahun ini.

“Sebetulnya kalau dari target itu sendiri kita tetap akan mencermati perkembangan pasar dan perkembangan kebijakan juga. Tak ada angka yang bisa saya berikan, jadi posisi kami mencermati pasar,” ucap Dian di Jakarta (19/1/2023).

Sementara itu, Dian juga mengatakan, ada sedikit perbedaan antara SPKLU Shell di SPBU dan di mal. Salah satunya perbedaan dari sisi tarif yang dibebankan pada konsumen.

Baca juga: Jadwal dan Tarif Baru Bus DAMRI Rute Pontianak ke Malaysia

“Kami saat ini satuannya adalah waktu. Jadi kalau di SPBU Shell per 30 menit (beli paket Shell deli2go Rp 85.000), kalau di sini dengan EV Self Service Valet itu Rp 35.000 per jam. Kalau di sini (Pacific Place) belum termasuk tarif reguler parking,” ujar Dian.

Kemudian, perbedaan juga datang dari jenis SPKLU. Di SPBU Shell, SPKLU yang digunakan berjenis fast charging 50 kWh. Adapun di Pacific Place hanya 11 kWh.

“Jadi pertimbangan kami customer behaviour yang kami pelajari, kami lihat pelanggan datang ke mal yang dicari bukan kecepatan dalam charging. Tapi sebagai top up sembari mereka berkegiatan, berbeda dengan on the go seperti yang di SPBU itu butuh cepat,” kata Dian.

Baca juga: Yamaha: Kalau Ada Ribuan Motor Listrik, Mau Cas di Mana?

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Shell turunkan harga BBM per 1 November 2022. DOK. Shell Indonesia Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Shell turunkan harga BBM per 1 November 2022.

Selanjutnya, kapasitas mobil yang bisa melakukan pengisian pun berbeda. Di Shell Recharge Pacific Place tersedia 3 mesin buat 6 mobil.

Sedangkan di SPBU Shell Pluit Selatan 1 (Jakarta Utara), SPBU Shell Antasari 1 (Jakarta Selatan) dan SPBU Shell Jagorawi KM 21 (Bogor) terdapat masing-masing 1 mesin buat 1 mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com