Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kabar Daihatsu Ayla EV?

Kompas.com - 17/01/2023, 18:51 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu sempat memamerkan Ayla EV (Electric Vehicle) pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Kehadirannya pun mengundang rasa penasaran masyarakat dalam negeri. Sebab, kendaraan hasil konversi itu dilakukan di salah satu model murah ramah lingkungan alias LCGC terlaris, yang memiliki harga jual terjangkau.

Jadi banyak yang beranggapan bila diproduksi masal, harganya juga akan murah.

Baca juga: Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Macet di Jalan Menanjak

Namun, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menegaskan, bahwa mobil tersebut belum masuk jalur produksi massal dalam waktu dekat. Bahkan, pihaknya memastikan tidak akan menjual mobil tersebut di 2023.

“Kami tidak akan memasarkan Ayla EV. Belum, tahun ini dipastikan belum.” ucap Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (18/1/2023).

Mobil listrik konsep Daihatsu Ayla EV dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik konsep Daihatsu Ayla EV dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).

Agung melanjutkan, saat ini pihaknya masih melakukan tahap studi pasar. Sebab untuk membawa mobil listrik itu butuh kesiapan khususnya pada sisi konsumen.

“Kita memiliki RnD di Karawang, dan di situ disiapkan salah satunya adalah engineering untuk mobil listrik. Karena (EV) ini dibangun dengan segala aspek, jadi bukan hanya dari perakitan, tapi kualitas, jangka panjang, pembaruan hingga limbahnya,” kata dia.

Baca juga: Isuzu Traga Siap Mendukung Pelaku Bisnis Pertanian di Indonesia

Sebagai informasi, Ayla EV sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 32 kWh yang diletakkan di area tangki bensin dan satu lagi di bawah bagasi.

Pengembangan dari Ayla EV pun masih terus dilakukan. Sementara mengenai apakah nantinya bakal diluncurkan atau tidak, sejauh ini masih menjadi sebuah pertanyaan lantaran studi atau risetnya masih berlanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com