Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Terpaksa Lewat Jalanan yang Banjir, Begini Cara yang Aman

Kompas.com - 03/01/2023, 20:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki awal 2023, BMKG memperkirakan adanya cuaca ekstrem di beberapa kota di Indonesia. Selain cuaca ekstrem, ada juga perkiraan banjir rob akibat fenomena full moon pada 3-10 Januari 2023.

Oleh karena itu, ada kemungkinan beberapa lokasi terendam banjir. Bagi pengguna kendaraan bermotor, sebaiknya memang tidak melintasi jalanan yang terendam.

Hal ini dikarenakan ada beberapa risiko yang bisa merusak kendaraan. Misal, air masuk ke ruang mesin baik lewat saluran udara maupun knalpot.

Baca juga: Motor Terendam Banjir Rob, Ini Komponen yang Rawan Rusak

Banjir masih merendam beberapa titik di Kota SemarangKOMPAS.COM/Muchamad Dafi Yusuf Banjir masih merendam beberapa titik di Kota Semarang

Tapi jika terpaksa melintasi jalan tersebut, apa yang bisa dilakukan pengendara?

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, pengendara harus lihat yang lain, ketika melintasi jalanan tersebut apakah dalam atau tidak.

"Batas aman genangan bisa dilewati adalah setengah roda atau di bawah lubang knalpot," ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (3/1/2023).

Baca juga: 4 Jenis Bus untuk Transportasi Umum di IKN Nusantara

Ketika terlihat orang lain aman melalui jalan tersebut, maka bisa juga dilintasi. Tapi jika sudah terlihat orang yang mendorong motornya, lebih baik urungkan niat untuk melewati banjir.

Jika memang benar-benar terpaksa harus melewati jalan tersebut, ada cara untuk meminimalisir risiko air masuk ke ruang mesin. Pengendara harus menjaga gas tetap terbuka.

"Tahan gas pada putaran rendah dan tidak membuka-tutup gas agar air tidak dapat masuk lewat lubang knalpot," ucap Agus.

Tips lainnya adalah jaga kesimbangan dengan baik, jangan sampai berhenti di tengah genangan air. Selain itu, pastikan kondisi di depan kosong, agar tidak perlu berhenti di tengah-tengah.

Tapi sangat disarankan untuk tidak memaksakan diri melintas. Lebih baik putar balik dan cari jalan yang lebih aman, untuk menekan risiko kerugian yang didapat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com