Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Terjang Banjir Rob, Segera Bilas dan Keringkan

Kompas.com - 03/01/2023, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Daerah di garis pantai di Indonesia diprediksi akan mengalami banjir rob pada tanggal 3-10 Januari 2023. Penyebabnya adalah akan ada fenomena Full Moon pada periode tersebut.

Oleh karena itu, bisa saja ada beberapa ruas jalan yang akan terendam dengan air asin. Genangan tersebut bisa tinggi maupun rendah, jadi masih bisa dilewati oleh kendaraan bermotor.

Perlu diketahui, melalui jalanan yang terendam banjir air asin dengan air tawar itu ada sedikit perbedaan. Air asin punya sifat yang lebih korosif daripada air tawar, motor berisiko berkarat jika tidak segera dibersihkan.

Baca juga: Usai Terobos Banjir Apakah Mesin Mobil Butuh Penanganan Khusus?

Seorang pengendara motor menuntun kendaraan karena alami mati mesin saat melintasi area Pelabuhan Muara Angke yang terendam banjir robWARTAKOTA/M RIFQI IBNUMASY Seorang pengendara motor menuntun kendaraan karena alami mati mesin saat melintasi area Pelabuhan Muara Angke yang terendam banjir rob

Gofur, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta mengatakan, setelah motor melewati genangan air asin, sebaiknya segera dibilas saat sampai rumah.

"Terkait air asin, segera dibilas saja, karena lebih korosif kalau tidak segera dibersihkan," ucap Gofur kepada Kompas.com, Selasa (3/1/2022).

Gofur menjelaskan, semua komponen yang terbuat dari material logam sangat rawan berkarat, apalagi jika kena air asin. Dengan segera membersihkan sisa air asin, maka risiko cepat berkarat bisa berkurang.

Baca juga: Penghapusan Data STNK jika Tidak Bayar Pajak Kendaraan Mulai Bergulir


"Tingkat cepat atau lambatnya karat tergantung juga dari jenis logamnya, kalau besi lebih cepat," ucap Gofur.

Bisa dibayangkan kalau pelek atau swing arm berkarat, tentu bisa mengganggu rasa berkendara. Apalagi jika sampai patah ketika sedang dikendarai, bisa bikin celaka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.