Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Jack Miller Menolak Gabung Pramac Ducati

Kompas.com - 21/12/2022, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap MotoGP Jack Miller tahun depan akan berseragam KTM dan meninggalkan Ducati yang menyandang motor terbaik di MotoGP.

Miller akan berduet dengan Brad Binder di tim pabrikan Red Bull KTM. Pebalap asal Australia itu akan memakai motor KTM RC16 yang dikembangkan oleh para insinyur Austria dengan bantuan Dani Pedrosa sebagai test rider.

Sebelumnya, Miller mengatakan alasan dirinya bergabung dengan KTM lantaran ingin mencari tantangan baru. Miller bahkan juga menolak tawaran Ducati untuk bergabung dengan Pramac Racing.

Baca juga: Bos Ducati Corse, Orang yang Berjasa di Balik Pengembangan Winglet

Direktur Balap Ducati Corse Paolo Ciabatti mengungkapkan alasan dibalik Miller menolak tawaran Ducati untuk bergabung dengan Pramac.

Menurutnya, hal ini lantaran Ducati hanya memberi tawaran kontrak satu tahun, berbeda dengan pabrikan KTM yang memberinya kontrak selama dua tahun. Terlebih lagi, kemungkinan gaji yang didapat oleh Miller di KTM lebih baik dari yang ditawarkan oleh Ducati.

Jack Miller saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)VLADIMIR SIMICEK Jack Miller saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)

"Dalam kasus Jack, kami punya rencana lain untuknya. Kami ingin menawarkan motor pabrikan di Pramac, tapi hanya dengan kontrak satu tahun," ucap Ciabatti, dikutip dari Speedweek, Rabu (21/12/2022).

"Dan dapat dimengerti, dia mendapat kesempatan untuk menjadi pebalap pabrikan di KTM selama dua tahun, mungkin dengan gaji yang sedikit lebih baik,” katanya.

Baca juga: Volvo Siapkan Sasis Bus Listrik untuk Indonesia

Meski mengalami penolakan, Ciabatti menerima dengan besar hati atas keputusan Miller. Posisi Miller di Ducati akhirnya digantikan oleh Enea Bastianini yang sebelumnya membela tim satelit Ducati, Gresini Racing.

“Jadi sangat bisa dimengerti jika dia menolak tawaran kami,” kata Ciabatti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com