Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Stargazer Hanya Kantongi Bintang Empat ASEAN NCAP

Kompas.com - 08/12/2022, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan berkembangnya zaman, mobil-mobil sekarang ini sudah mengantongi sertifikat bintang lima ASEAN NCAP. Tapi, tidak semuanya, Hyundai Stargazer nyatanya hanya diberikan bintang empat.

Dikutip dari Autoindustriya.com, Kamis (8/12/2022), ASEAN New Car Assesment Program (NCAP) baru saja menguji keamanan dari Stargazer dengan tes tabrak. Ternyata, mobil ini tidak aman sepenuhnya, meskipun fiturnya cukup lengkap.

Baca juga: Diskon Avanza, Stargazer, dan Ertiga Desember 2022, Tembus Rp 30 Juta

Disebutkan bahwa Stargazer masih dapat ditingkatkan lagi keamanannya. Khususnya, dari segi perlindungan penumpang dewasa alias Adult Occupant Protection (AOP).

Laporan menyebutkan bahwa pengemudi bisa mengalami cedera pada dada dan kaki kanan jika terjadi kecelakaan tabrakan dari depan.

Sedangkan untuk kecelakaan tabrakan dari samping, Stargazer hanya bisa memberikan perlindungan maksimal pada dada dari pengemudi.

Dengan 40 persen pengetesan difokuskan pada AOP, Stargazer mendapatkan nilai 31,21 dari 40. Sedangkan untuk penumpang anak kecil, nilainya juga tidak tinggi, yakni 14,48 dari 20.

Baca juga: Stargazer Jadi Mobil Terbaik GridOto Award 2022

Hyundai StargazerHMID Hyundai Stargazer

Untuk fitur bantuan keamanan standar, ASEAN NCAP juga hanya memberikan nilai 12,04 dari 20. Low multi purpose vehicle (LMPV) ini juga mendapat nilai rendah terkait keamanan untuk pengendara motor, yakni nilainya 7 dari 20.

Jadi, secara keseluruhan, Hyundai Stargazer hanya mendapatkan nilai 66,48 dari 100. Sehingga, penilaiannya hanya mendapatkan bintang empat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com