Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindah ke Ducati, Alex Marquez Ceritakan Masa Kelam di Honda

Kompas.com - 29/11/2022, 17:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap MotoGP Alex Marquez bakal membela tim Gresini Racing di musim depan.

Diketahui Alex pindah dari tim satelit LCR Honda dan bakal menggantikan posisi Enea Bastianini yang mendapat promosi naik ke tim pabrikan bersama Francesco Bagnaia.

Rider berusia 26 tahun ini pun meninggalkan saudaranya, Marc Marquez, yang tetap membela Repsol Honda di MotoGP 2023 bersama dengan Joan Mir.

Baca juga: Bos KTM Percaya Pol Espargaro Bakal Bangkit di KTM

Alex mengatakan, musim 2022 merupakan tahun bencana bagi Honda, di mana mereka tidak mencetak kemenangan dalam balapan MotoGP.

Hasil klasemen akhir menunjukan, tak ada satu rider Honda pun yang masuk 10 besar. Di mana Marquez finis di urutan ke-13, sementara Alex di posisi ke-17.

Alex Marquez resmi menjadi rekan setim Fabio Di Giannantonio untuk musim depan di Gresini Racing, menggantikan Enea BastianiniDok. Gresini Racing Alex Marquez resmi menjadi rekan setim Fabio Di Giannantonio untuk musim depan di Gresini Racing, menggantikan Enea Bastianini

"Musim ini menjadi sangat panjang dan sulit secara psikologis. Dari saat Anda tahu Anda akan berganti tim, pabrikan tempat Anda membalap tidak akan memberi Anda lebih banyak pembaruan dan lebih baik,” ucap Alex, dikutip dari Crash, Selasa (29/11/2022).

Seperti diketahui Alex pertama sempat masuk tim pabrikan Repsol Honda pada 2022, tapi kemudian “dibuang” ke tim satelit LCR Honda pada 2021-2022. Kondisi inilah yang membuat dirinya memiliki banyak kekuatan untuk menuju musim 2023.

Alex berharap kepindahan dirinya ke Ducati di musim 2023 bisa memberikan hasil yang lebih baik.

"Semua yang saya alami tahun ini akan memberi saya lebih banyak kekuatan untuk apa yang akan datang, di tahun 2023 lebih dari target hasil, saya memiliki tujuan untuk menemukan kembali diri saya sendiri,” kata dia.

Alex Marquez pada seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez.@AlexMarquez73 Alex Marquez pada seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez.

“Dari saat-saat buruk Anda belajar banyak, itu membuat Anda lebih solid untuk masa depan. Di MotoGP, semakin Anda menjadi buruk, semakin banyak yang Anda pelajari. Dan kemudian Anda harus selalu menemukan kembali diri Anda sendiri, mengambil kekuatan bahkan dari mana segala sesuatu tampak negatif,” lanjutnya.

Baca juga: Alasan Kenapa Cairan Wiper Tak Boleh Menggandung Detergen

Alex sendiri telah menjajal motor Ducati Desmosedici pada tes pascamusim di Valencia, Spanyol, beberapa waktu lalu.

Rider asal Spanyol ini akan dapat kesempatan menjajal motor GP22 dalam tes pramusim di Sepang, Malaysia, pada Februari tahun depan. Kemudian tes berikutnya akan digelar di Portimao, Portugal, satu bulan berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com