Kompas.com - 24/11/2022, 16:44 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memutuskan akan menjual kendaraan listrik Ioniq 5 bekas digunakan deligasi negara pada gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali pada 15-16 November 2022 lalu.

Putusan tersebut dilakukan dalam upaya mengurangi masa inden kendaraan yang sudah masuk sekitar 15 bulan sejak pemesanan pertama. Hanya saja, kendaraan cuma tersedia warna hitam saja.

"Ioniq 5 sebenarnya sudah di tangan diler-diler karena memang yang nunggu sekarang itu sudah lumayan banyak. Jadi kami tawarkan ke konsumen, khususnya yang sudah inden," kata Head of Marketing HMID Astrid A Wijana saat ditemui, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Usai Dipakai KTT G20, Hyundai Pamerkan Genesis G80 di Jakarta

Mobil listrik Hyundai Ioniq yang digunakan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit PrabowoPolri.go.id Mobil listrik Hyundai Ioniq yang digunakan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo

Kendati merupakan kendaraan bekas pakai, perseroan akan memberikan potongan harga untuk Ioniq 5 tersebut. Namun Astrid masih enggan untuk mengungkapkan besarannya.

Sebab poin utama dari keputusan menjual Ioniq 5 bekas KTT G20 ialah untuk mengurangi masa inden yang sudah sangat mengular sejak pertengahan tahun ini.

"Untuk saat ini dari sales dibilang potongan harga, jangan harapkan 10-20 persen ya. Inti dari keputusan tersebut, punya kesempatan memperpendek masa tunggu mereka. Jadi, kami tawarkan ke konsumen yang sudah menunggu," ucap Astrid.

"Ini memang sudah sejak awal (direncanakan) supaya memotong antrian. Tapi semuanya warna hitam, jadi kami tawarkan sikarela, tidak bisa pilih warna macam-macam. Kalau mau boleh, kalau tidak ditawarkan ke antrean selanjutnya," tambah dia.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 Masih Inden Setahun Lebih

Salah satu contoh mobil listrik yang dipasarkan di Indonesia, Hyundai Ioniq 5.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Salah satu contoh mobil listrik yang dipasarkan di Indonesia, Hyundai Ioniq 5.

Diketahui selama perhelatan KTT G20, Hyundai Indonesia mengeluarkan 44 unit Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase yang digunakan sebagai kendaraan Kepala Negara.

Lalu, ada 87 unit Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase dan 262 unit Hyundai Ioniq 5 digunakan untuk keperluan lain seperti kendaraan untuk pasangan dari Kepala Negara, rombongan delegasi, protokol, keamanan, dan tim penyelamat.

Semua Genesis G80 yang dibawa merupakan produk impor langsung dari Korea Selatan. Sementara untuk Ioniq 5, sama dengan model yang ditawarkan ke pasar yaitu rakitan dalam negeri di pabrik HMMID.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.