Kompas.com - 27/10/2022, 19:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang melibatkan truk di Indonesia memang masih kerap terjadi. Biasanya, penyebab dari kecelakaan tersebut adalah gagal rem.

Lalu, apa saja yang menyebabkan truk alami gagal rem?

Reiner Tandiono, Technical Warranty Dept. Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan, ada enam faktor yang menyebabkan truk alami gagal rem.

Baca juga: Truk Molen Masa Depan, Prototipe Arocs Electric dengan Bodi Mixer

"Simpelnya, faktor yang pengaruh adalah overloading, kondisi sistem rem, perawatan, kondisi ban, kondisi jalan, dan skill driver," ucap Reiner kepada Kompas.com, Kamis (27/10/2022).

Overloading tentu membuat truk dipaksa membawa beban yang bukan seharusnya. Jadi komponen seperti pengereman dan ban menerima stress yang lebih besar.

Kemudian kondisi rem, ada beberapa hal yang menyebabkan rem blong, sebut saja adanya kebocoran di tangki udara, kampas terlalu tipis, setelan kampas terlalu lebar, dan sebagainya. 

Baca juga: Mio S Setop Dijual, Begini Perjalanan Yamaha Mio Sejak Meluncur

Selain itu, faktor yang sebenarnya pengaruh pada gagal rem adalah skill pengemudi. Memang, keahlian pengemudi truk di Indonesia tidak diragukan lagi, tapi masih ada salah operasional yang menyebabkan truk gagal rem.

Misal, ketika melewati jalan menurun, ada saja pengemudi yang menggunakan gigi tinggi. Hal ini memicu penggunaan rem kaki yang berlebihan sehingga membuat brake fading dan berimbas truk tidak bisa dihentikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.