Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biar Maksimal, Pahami Cari Kerja Wiper Mobil

Kompas.com - 15/10/2022, 14:42 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berkendara mobil di musim hujan, wiper jadi perangkat yang sangat penting digunakan untuk membantu visibilitas pengemudi.

Hanya saja, kecepatan sapuan wiper perlu disesuaikan dengan seberapa derasnya hujan yang turun. Karena bila tidak, justru bisa mengganggu pandangan pendara.

Nah, pada tuas sakelar wiper terdapat beberapa simbol yang memiliki arti berbeda-beda. Apa saja maksud simbol-simbol tersebut?

Baca juga: Bahaya, Jangan Abaikan Wiper yang Sudah Jelek

Link wiper Suzuki KatanaDicky Aditya Wijaya Link wiper Suzuki Katana

Foreman Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Aji Dwi Nugroho mengatakan, ada beberapa simbol yang terdapat pada sakelar wiper mobil, biasanya tiap mobil tidak sama. Ada yang lengkap dan ada yang tersedia beberapa saja.

“Yang lengkap biasanya tuas sakelar wiper bisa digunakan untuk mengendalikan wiper depan dan belakang, dan berbagai pilihan kecepatan sapuan wiper,” ucap Aji kepada Kompas.com, Sabtu (15/10/2022).

Dia mengatakan, untuk wiper depan biasanya dibekali 5 posisi simbol, yang ditandai dengan simbol depan atau tertulis front.

Baca juga: Ketahui Indikator Karet Wiper Harus Diganti

Wiper kaca mobil yang masih bagus, air bisa bersih dan tidak menempel di kacaDicky Aditya Wijaya Wiper kaca mobil yang masih bagus, air bisa bersih dan tidak menempel di kaca

“Ada mist, jika pilihan sakelar tersebut diaktifkan maka wiper akan menyapu sekali saja biasanya digunakan ketika hujan masih rintik-rintik saja, jadi pengemudi bisa menekan tuas mist dan wiper akan kembali ke posisi awal atau, tapi wiper akan tetap aktif sekali siklus,” ucap Aji.

Menurut aji, satu siklus yang dimaksud posisi wiper akan berhenti pada posisi yang benar, atau tidak di tengah-tengah meski tuas sudah berada pada posisi off.

“Selanjutnya ada int yang artinya kecepatan akan menyesuaikan dengan setelan pengendara, bisa dibikin sangat pelan dan cepat, sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi hujan yang membasahi kaca, biasanya digunakan bila hujan rintik-rintik secara konsisten,” ucap Aji.

Baca juga: Ganti Karet Wiper Jangan Tunggu Sampai Rusak

Posisi tuas lampu sein dan wiper Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Posisi tuas lampu sein dan wiper Jeep Compass

Dia menjelaskan, int bisa diaktifkan untuk menyapu hujan yang masih jarang-jarang tapi durasinya panjang, sehingga bila berkali-kali mengaktifkan wiper akan cukup merepotkan.

“Selanjutnya ada lo untuk sapuan wiper yang pelan dan hi untuk sapuan yang kencang, keduanya bisa digunakan bila hujan benar-benar sudah cukup deras,” ucap Aji.

Aji mengatakan, sisanya ada simbol washer, digunakan untuk menyemprotkan air ke kaca ketika ada kotoran yang menghalangi pandangan di hari yang tidak hujan.

Baca juga: Jangan Biarkan Wiper Menyala Ketika Kaca dalam Kondisi Kering

“Selain itu untuk kaca belakang juga dilengkapi dengan sakelar yang terpisah, ada on, int, off dan untuk washer kaca belakang,” ucap Aji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com