Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Air EV Canggih, Tapi Tanpa Wiper Belakang

Kompas.com - 22/09/2022, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Air ev yang sudah dijual Wuling di Indonesia merupakan rakitan lokal, tepatnya di pabrik Wuling Cikarang, Jawa Barat. Secara model pun dibuat berbeda dengan Wuling Mini EV yang ada di China.

Oleh karena itu, bisa saja ada pembaruan pada model Air ev selanjutnya atau bisa dibilang facelift. Salah satu fitur yang cukup penting pada kendaraan adalah wiper belakang, sayangnya Air ev tidak memilikinya.

Padahal untuk kondisi cuaca Indonesia yang kerap hujan, fitur wiper belakang krusial. Apalagi bentuk Air ev yang mengotak belakangnya, cipratan air rawan naik sampai ke kaca, akhirnya debu menempel dan visibilitas berkurang.

Baca juga: Wuling Air ev Pakai Ban 12 Inci, Baru Tersedia di Diler Saja

Wuling Air ev di Acara Air ev Green Mobility ExperienceDOK. WULING Wuling Air ev di Acara Air ev Green Mobility Experience

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors mengatakan, berbagai fitur sebenarnya bisa saja ditambah, tapi harus ada persetujuan dengan Wuling global.

"Ini kan platform global, jadi tidak cuma Indonesia yang pakai produk ini. Pasar terbesar ev masih China, jadi ada pertimbangan itu," ucap Danang di Jakarta, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Menanti Motor Listrik Murah Honda


Danang menjelaskan, secara global Air ev memang tidak menggunakan wiper belakang. Namun karena Air ev diproduksi di Indonesia, bisa saja diusulkan untuk penambahan wiper belakang.

"Bisa, facelift ke depan, bisa kita usulkan (pakai wiper belakang). Ini saja setir dari kiri kita pindah ke kanan bisa kok," ucap Danang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com