Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ryan Nirwan Blak-blakan Soal Performa Toyota GR Yaris

Kompas.com - 25/09/2022, 08:01 WIB
Aris F Harvenda

Editor

Simalungun, KOMPAS.com - Ryan Nirwan yang dinavigatori Adi Indiarto dipercaya Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) untuk mengikuti kejuaraan nasional sprint dan rally 2022 di Indonesia dengan menggunakan GR Yaris.

Beberapa kejuaraan nasional sprint dan rally yang digelar tahun ini sudah diikuti Ryan dengan raihan cukup gemilang. Bahkan hingga berita ini diturunkan Ryan memimpin klasemen pertama baik sprint maupun rally.

Baca juga: Intip Spek GR Yaris AP4, Juara Umum Rally Danau Toba

Podium tertinggi berhasil diraih Ryan saat berlaga di seri 1 rally Danau Toba, Sumatera Utara, pada 6-7 Agustus 2022 lalu. Ryan juga mampu menjadi juara 1 pada ajang sprint rally seri 1 dan 2 di Malang, dan seri 3 di Meikarta.

Salah satu faktor pendukung keberhasilan tersebut adalah tunggangan barunya yang digunakan tahun ini yaitu Toyota GR Yaris. Sebelumnya Ryan menggeber Subaru WRX STi untuk mengikuti ajang rally di Tanah Air.

Baca juga: GR Yaris AP4 Sukses Bawa Tim TGRI Menjuarai Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 di Malang

"Saya suka dengan karakter GR Yaris dan mudah untuk beradaptasi meski saya merasa masih banyak hal yang harus diimprove supaya bisa lebih kencang lagi," ujar Ryan kepada Kompas.com, 23/9/2022 di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara.

Ryan Nirwan menggeber Toyota GR Yaris dalam sesi latihan Kejurnas Rally 2022 seri kedua dan APRC 2022TAM Ryan Nirwan menggeber Toyota GR Yaris dalam sesi latihan Kejurnas Rally 2022 seri kedua dan APRC 2022

Ryan secara detail menjelaskan beberapa perbedaan yang membuatnya mampu lebih percaya diri menggeber GR Yaris. Pertama posisi setir kanan yang membuatnya mudah beradaptasi, karena sebelumnya menggunakan mobil setir kiri.

Cara mengemudikan GR Yaris menurut Ryan harus lebih agresif agar mampu memberikan performa stabilitas yang lebih baik, sehingga bisa melibas tikungan lebih cepat.

GR Yaris AP4 sedang bermanuver di lintasan reli.Dok, TGRI. GR Yaris AP4 sedang bermanuver di lintasan reli.

Setelan kaki-kaki dan sistem rem GR Yaris yang digunakan untuk rally ini memungkinkan braking point lebih dekat namun tetap rapi dan laju saat menikung.

"Nah kalau bicara soal mesin, torsi GR Yaris ini cukup besar. Jadi saya tidak bisa langsung bejek gas saat keluar tikungan, melainkan harus ditekansecara halus biar ban tetap bisa mencengkram dengan baik tanpa efek spin. Kalau tenaga sih cukuplah," kata Ryan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com