Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Baca Informasi Ban Lewat Kode Huruf dan Angka

Kompas.com - 23/09/2022, 14:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Ban kendaraan memiliki fungsi yang tak bisa dianggap remeh sehingga kondisinya wajib diperhatikan.

Selain perawatan seperti menambah tekanan udara dan lain sebagainya, tak kalah penting adalah melihat usia atau umur pakainya.

Ban yang kedaluwarsa selain berbahaya bila digunakan, juga banyak kerugiannya. Seperti mudah bocor sampai benjol. 

Meski tak digunakan, umur ban akan terus bertambah. Semakin lama otomatis akan mempengaruhi performanya.

Baca juga: Tiga Metode Tambal Ban Tubeless, Mana yang Paling Baik?

Usia ban yang layak digunakan bisa diperhatikan dari kondisi fisik atau kode informasi berupa huruf dan angka yang tertulis pada bagian dinding ban.

Lantas bagaimana cara bacanya? 

Sebelum road trip, pastikan seluruh aspek kendaraan berada dalam kondisi prima, termasuk ban mobil.                    Bridgestone Sebelum road trip, pastikan seluruh aspek kendaraan berada dalam kondisi prima, termasuk ban mobil.

Informasi bisa dilihat  dengan melihat huruf dan angka yang ada pada dinding ban.  Mulai spesifikasi, baik itu ukuran dan jenis penggunaan, tahun produksi, dan masa kedaluwarsa ban. 

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal mengatakan, ban kadaluarsa patokannya bisa dilihat dari tahun produksi dan kondisi fisik ban keseluruhan. 

"Kalau alur permukaan ban sudah mendekati thread wear indicator (TWI), artinya sudah waktunya ganti," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Jumat (23/9/2022). 

Baca juga: Ingat, Fatalnya Sepelekan Tekanan Udara Ban Mobil

Kemudian, dilanjutkan dengan cek usia ban berdasarkan kode tahun produksi yang tertulis pada dinding ban. 

Sebagai contoh, tertera kode produksi ban 3119. Dua digit pertama merupakan tanda minggu ke berapa ban diproduksi, pada contoh sebelumnya berarti minggu ke-31.

Jika dihitung dari awal tahun, minggu ke-31 berarti produksi ban dilakukan minggu pertama bulan Agustus. Sedangkan dua digit terakhir merupakan tahun produksi, dalam contoh 19, yang artinya ban diproduksi pada 2019.

Kode informasi ban, menampilkan data produksi dan spesifikasi banDicky Aditya Wijaya Kode informasi ban, menampilkan data produksi dan spesifikasi ban

Ban yang berusia di atas tiga tahun, menurut Zulpata, jika diperhatikan kondisinya secara detail kadang karet permukaan ada yang getas. Umumnya dinding ban mengalami retak rambut, tidak kenyal, dan terlihat mengeras. 

"Elastisitas karet sudah turun, pemuaian di dalam rongga ban semakin tinggi. Permukaan ban jadi getas," kata dia. 

Kedaluwarsa

Terkait masa pakai, Zulpatan menjelaskan sebenarnya tidak ada istilah kedaluwarsa untuk ban baik motor atau mobil. 

Baca juga: Masih Amankah Menggunakan Ban Tubeless yang Sering Ditambal?

"Sebenarnya ban tidak memiliki masa kedaluwarsa. Sejak dari proses pembuatan, semua material dasar seperti karet alam dan karet sintetis dan 120 komponen lainnya sudah benar-benar matang, jadi tidak bisa disamakan seperti makanan yang tiga atau empat hari itu bisa basi," ucapnya.

ban mobil produk Avia Pratama Tiara di IIMS Hybrid 2022janlika putri ban mobil produk Avia Pratama Tiara di IIMS Hybrid 2022

Namun demikian, Zulpata menyampaikan, ban bisa mengalami kerusakan sama dengan komponen lainnya pada kendaraan.

Faktornya ada beragam, mulai dari kurangnya perawatan, sisi pemakaian, sampai dari proses penyimpanannya sendiri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com