Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Alternatif Onderdil Orisinal Sistem AC pada Motuba

Kompas.com - 13/09/2022, 11:02 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Pemilik mobil tua bangka atau motuba memang harus mampu berpikir kreatif agar bisa membuat mobil tetap prima di usianya yang tidak muda.

Salah satu kendala yang sering dialami oleh motuba adalah AC kurang dingin dan onderdil yang dibutuhkan sulit dicari. AKhirnya, tidak sedikit motuba yang bertahan dengan onderdil persamaan.

Jadi, hal yang wajar jika motuba menggunakan komponen mobil-mobil modern, khususnya pada sistem AC. Biasanya, onderdil yang sering diganti dengan persamaan adalah kompresor, kondensor, sensor, evaporator, drier, katup ekspansi, sampai dan selang AC.

Baca juga: Waspada Kompresor AC Mobil Rusak Tidak Bisa Diperbaiki

Evaporator rusak harus digantiAgus Setiawan Evaporator rusak harus diganti

Pemilik Lison AC Muhlison, mengatakan onderdil pada sistem AC mobil banyak persamaan, sehingga bagi pemilik motuba tidak perlu risau kesulitan mencari part orisinal.

Motuba ya dunia yang penuh kreatifitas, onderdil orisinal kalau memang ada ya silakan, tapi kalau sulit dicari bisa menggunakan persamaan, misal kompresor, bisa pakai punya Toyota Avanza atau pakai merek Denso,” ucap Muhlison kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Dia mengatakan onderdil sistem AC pada motuba bisa diganti dengan milik mobil-mobil modern yang banyak ditemukan di pasaran. Hal itu tentu akan mempermudah dan biaya yang dikeluarkan menjadi lebih terjangkau.

Baca juga: Mitos atau Fakta, LPG Bisa Dijadikan Cairan Pendingin AC Mobil?

Kondensor multiflow memiliki pipa lebih banyakErwin Setiawan Kondensor multiflow memiliki pipa lebih banyak

“Kalau mau lebih murah lagi, bisa membeli onderdil copotan yang kondisinya masih bagus, harga onderdil bisa sampai separuhnya, lebih murah,” ucap Muhlison.

Dia juga menjelaskan kualitas onderdil persamaan tidak diragukan lagi, karena kualitasnya orisinal milik mobil lain.

Onderdil persamaan kan jelas orisinalnya, hanya saja milik mobil lain, terus mobil-mobil modern biasanya memiliki onderdil yang lebih canggih, sehingga mampu menghasilkan udara lebih sejuk di dalam kabin,” ucap Muhlison.

Baca juga: Freon Penuh, tapi Kenapa AC Mobil Masih Tidak Dingin?

Kotoran lendir menutupi celah kisi-kisi evaporator AC mobil. Kompas.com Kotoran lendir menutupi celah kisi-kisi evaporator AC mobil.

Jadi, onderdil sistem AC itu banyak yang sama antara mobil satu dengan mobil lainnya, bahkan untuk mobil yang jarak usianya cukup jauh. Hal tersebut bisa terjadi lantaran onderdil utama pada sistem AC tidak banyak pembaruan dari waktu ke waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com