Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lengan Belum Kuat, Marquez Ragu Turun di MotoGP Aragon

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez sudah dinyatakan cukup sehat untuk kembali ke atas motor MotoGP. Dia pun sempat mengikuti sesi tes di Sirkuit Misano.

Namun, pada sesi tes tersebut, Marquez masih merasakan sakit pada bagian lengan kanannya yang sudah dioperasi hingga empat kali.

Marquez mengatakan, sesi tes tersebut berjalan dengan baik. Dia juga sangat senang, karena penting baginya dan Honda untuk mengikuti sesi tes tersebut selama dua hari.

"Khususnya pada pagi hari, perasaan saya lebih baik. Pada siang hari, sebenarnya saya mengalami sedikit masalah dengan posisi lengan, karena ototnya terlalu kelelahan," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (8/9/2022).

Marquez menambahkan, akibatnya dia tidak menyelesaikan sesi tes secara tuntas. Dia juga sempat kesakitan hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti.

"Semuanya berjalan sesuai rencana. Hal ini terjadi sesuai dengan prediksi dokter. Bagi saya, ini adalah sesi tes yang sangat bagus. Untuk Honda, saya mencoba banyak hal pada hari kedua. Tapi, masih banyak yang harus dilakukan," kata Marquez.

Pada sesi tes, Marquez selalu melakukan empat lap setiap turun ke trek. Dua lap untuk pemanasan, dan dua lap sisanya dilakukan sungguh-sungguh.

Pada percobaan terakhir, dia melakukan tujuh lap sekaligus untuk memahami batasan dirinya. Dia pun menyadari bahwa itu terlalu berlebihan. Sehingga, menimbulkan keraguan apakah dirinya bisa balapan pada MotoGP Aragon.

"Sekarang, kita perlu melihat bagaimana reaksi lengan selama dua atau tiga hari ke depan. Ada dua opsi, apakah rasa sakitnya akan tetap dan tidak menghilang atau rasa sakitnya menghilang dan otot semakin kuat," ujarnya.

Marquez menambahkan, dia harus melihat perkembangan lengannya setiap hari. Soal keputusan untuk balapan pada MotoGP Aragon, baru akan diputuskan pada Minggu (11/8/2022) atau Senin (12/8/2022). Jika rasa sakit tersebut masih ada, maka dia harus bersabar hingga benar-benar sembuh.

"Untuk bisa kencang dan kompetitif, kami butuh motor yang lebih baik. Tentu saja Anda butuh kesiapan fisik di atas motor. Anda butuh kekuatan dan konsistenti. Apalagi, saat balapan dibandingkan dengan sesi tes," katanya.

"Saat sesi tes, saya bisa bersantai, tapi itu tidak mungkin di saat balapan. Tapi, cara terbaik untuk membangun otot dan kepercayaan diri adalah dengan mengendarai motor. Saat saya siap, saya akan balapan lagi," ujar Marquez.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/08/145512915/lengan-belum-kuat-marquez-ragu-turun-di-motogp-aragon

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.