Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menu Sepeda Motor Terfavorit di GIIAS 2022

Kompas.com - 21/08/2022, 14:52 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 kali ini berbeda dengan sebelumnya. Salah satunya karena cukup banyak pabrikan roda dua yang berpartisipasi.

Produsen motor bahkan ikut meluncurkan model-model terbarunya, terkhusus di segmen kendaraan listrik yang belakangan tengah menjadi tren.

“Tahun ini GIIAS menghadirkan 25 merek kendaraan penumpang dan kendaraan komersial, 15 merek sepeda motor, serta lebih dari 100 merek dari industri pendukung,” ujar Rizwan Alamsyah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2022, Sabtu (20/8/2022).

Baca juga: MotoGP Resmi Terapkan Sprint Race Mulai Tahun Depan

Benelli 502CFoto: Istimewa Benelli 502C

“Tidak kurang dari 38 kendaraan diperkenalkan, termasuk di antaranya adalah kendaraan listrik. Ciri khas dari GIIAS 2022 memberikan edukasi dan membangun dukungan masyarakat tentang teknologi listrik lebih banyak dibandingkan GIIAS tahun lalu,” kata dia.

Pada malam penutupan GIIAS 2022, penyelenggara memberikan sejumlah penghargaan bagi merek roda dua yang ikut dalam pameran ini.

Untuk motor favorit menyasar tiga kategori, yakni Big Bike terfavorit, Daily Bike terfavorit, dan motor eksibisi terfavorit.

Baca juga: Adu Interior Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla, Siapa yang Menarik?

Big Biker terfavorit diraih oleh Benelli 502C. Salah satu keunggulan Benelli 502C adalah desain ala moge Eropa, tepatnya mirip dengan Ducati Diavel. Hal ini muncul dari tampilan depan yang terasa padat dan bongsor, namun makin ke belakang makin ramping.

Seperti namanya Benelli 502C, menggunakan mesin 500 cc dua silinder segaris yang sanggup hasilkan tenaga 47,6 tk dan torsi 45 Nm.

Kemudian pada kategori Daily Bike terfavorit jatuh pada motor listrik Alva One, yang belakangan sempat heboh karena memiliki kesamaan tampilan dengan motor listrik asal Spanyol, Arena VT3, yang meluncur pada Juni lalu.

Baca juga: Tanggapan Toyota Soal Kehadiran Mobil Listrik Murah

Motor listrik Alva One dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Motor ini jadi salah satu produk lokal yang bakal meramaikan pasar motor tahun ini.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Alva One dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Motor ini jadi salah satu produk lokal yang bakal meramaikan pasar motor tahun ini.

Dari data di atas kertas, motor listrik ini memiliki daya maksimum sekitar 4,8 kW atau setara 5,7 PS (5,5 tk), serta torsi maksimum 46 Nm.

Alva One dilengkapi baterai lithium dengan kapasitas baterai 60 V 45 A (2,7 kWh), dengan lama pengisian berada di sekitar 4 jam, dan minimum daya listrik di rumah 1.300 kWh.

Adapun untuk motor eksibisi terfavorit diraih oleh Honda MotoGP Marc Marquez. Kehadiran dua motor replika RC213V model 2021 itu menarik perhatian.

Karena berada di booth Honda mobil atau Honda Prospect Motor (HPM), bukannya di Honda motor yang berada di bawah Astra Honda Motor (AHM).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com