Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Bus Medium di GIIAS, Mewah Sampai Jadi Studio Berjalan

Kompas.com - 20/08/2022, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) masih berlangsung sampai tanggal 21 Agustus 2022. Kali ini, pameran kembali diramaikan oleh hadirnya tiga karoseri pembuat bodi bus.

Ketiga karoseri tersebut di antaranya Laksana, Adiputro, dan Tentrem. Selama 9 hari pameran, nampak bus yang dipajang ketiga karoseri tersebut ramai dinaiki pengunjung.

Selain bus-bus berukuran besar yang mejeng, hadir juga bus medium yang turut meramaikan GIIAS 2022. Setidaknya ada lima bus medium yang hadir, dua buatan Laksana, dua buatan Tentrem, dan satu buatan Adiputro.

Baca juga: Truk Brimob Harga Rp 1 Miliar, Tarik Perhatian Pengunjung GIIAS 2022

Bodi bus Tourista buatan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bodi bus Tourista buatan Karoseri Laksana

Untuk bus medium buatan Laksana, menggunakan bodi Tourista dengan kabin super mewah. Bagian kabin ini merupakan salah satu hasil dari program Laksana Individual, di mana pemilik bisa mendesain sesuai kemauannya.

Bus pertama Laksana mejeng di booth Hino, memakai Tourista Single Glass dengan sasis Hino GB150 AT. Sedangkan satu lagi, ada di booth Laksana, memakai sasis Mercedes Benz OH 917.

Selanjutnya ada Karoseri Tentrem yang memboyong bodi bus medium terbaru yakni Navigator. Bisa dibilang, Navigator adalah versi medium dari Avante H Series, terlihat dari model lampu yang serupa cuma ukurannya saja yang lebih kecil.

Baca juga: Adu Bus Selonjoran SR3 Suites Class Vs Jetbus Dream Coach


Bus Navigator pertama mejeng di booth Fuso dengan livery PO Bagong serta kabinnya menggunakan bangku 2-1 dengan leg rest panjang. Satu lagi bus Navigator ada di booth Tentrem, memakai bodi yang lebih lebar, sekitar 2,4 meter.

Lalu untuk Adiputro, bus medium yang dibawa adalah Jetbus Transit. Pada GIIAS 2022, Jetbus Transit tersebut diubah jadi studio podcast berjalan sesuai dengan keinginan pemesannya, yakni Oppal.

Oppal Buzz Studio, studi podcast berjalan dengan bodi Jetbus Transit buatan Adi PutroKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Oppal Buzz Studio, studi podcast berjalan dengan bodi Jetbus Transit buatan Adi Putro

Penasaran seperti apa, ayo ramaikan GIIAS 2022 dan langsung jajal bus-bus buatan anak bangsa. Apalagi zaman sekarang model bus yang dibuat sangat menarik, punya ciri khas masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com