Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Kondensor Multiflow Lebih Unggul daripada Kondensor Biasa

Kompas.com - 16/08/2022, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kondensor merupakan komponen pada sistem AC yang bertugas mengubah freon dalam wujud gas menjadi cair dengan cara mendinginkannya.

Jadi, setelah freon dikompresi oleh kompresor maka kondisi freon masih panas dalam wujud gas bertekanan tinggi. Setelah itu freon masuk ke kondensor untuk didinginkan sehingga wujud freon akan berubah menjadi cair.

Dengan adanya kondensor diharapkan freon yang sudah melewati proses pendinginan suhunya kembali dingin dan berwujud cairan. Kemampuan kondensor ini berhubungan erat dengan kemampuan AC dalam menyejukkan udara di dalam kabin.

Baca juga: Benarkah Komponen AC Mobil Lawas Lebih Awet?

Ekstra Fan AC Mobil Kompas.com Ekstra Fan AC Mobil

Pemilik Abadi Teknik Spesialis AC Mobil Wahyu, mengatakan untuk sekarang ini sudah ada kondensor tipe baru, yaitu multi flow, dia lebih cepat dalam mendinginkan freon.

“Kondensor multiflow banyak digunakan pada mobil-mobil modern, mobil-mobil tua sebelumnya pakai kondensor biasa, kemampuan kondensor biasa tidak sama dengan kondensor multiflow, lebih cepat mendinginkan yang tipe baru,” ucap Wahyu kepada Kompas.com, Senin (15/8/2022).

Dia mengatakan hal itu bisa terjadi lantaran kondensor multiflow bisa mengalirkan freon pada pipa-pipa yang tersedia sekaligus. Berbeda dengan kondensor biasa yang hanya mampu mengalirkan freon lewat satu pipa saja.

Baca juga: Tanda-tanda Kondensor AC Mobil Minta Diganti

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

“Jadi jelas, kondensor multiflow mampu lebih cepat mendinginkan freon karena freon bisa mengalir lebih cepat serta pipa-pipanya tersedia lebih banyak,” ucap Wahyu.

Dia mengatakan semakin luas penampang media pendingin, maka freon akan lebih cepat dingin. Hal itu berlaku pada kondensor multiflow.

“Mobil tua bisa juga kok dipasang kondensor multiflow, itu akan membuat AC lebih dingin,” ucap Wahyu.

Baca juga: Cara Bikin Usia AC Mobil Lebih Awet

Kotoran lendir menutupi celah kisi-kisi evaporator AC mobil. Kompas.com Kotoran lendir menutupi celah kisi-kisi evaporator AC mobil.

Dia menjelaskan pemasangan kondensor multiflow pada mobil tua bisa dilakukan dengan sedikit modifikasi pada naplenya. Wahyu menegaskan tidak semua bengkel AC mobil bisa melakukan hal demikian, karena melakukan pengelasan saluran AC butuh keahlian khusus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com